Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PSSI Sebut Bhayangkara FC belum Resmi Juara Liga 1
Oleh : Redaksi
Kamis | 09-11-2017 | 17:38 WIB
ratu-tisha.jpg Honda-Batam
Ratu Tisha. (Foto: Facebook.com)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan Bhayangkara FC belum menjadi juara Liga 1 2017. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha Destria mengatakan, meski kesebelasan dari korps kepolisian itu mengklaim gelar juara, federasi sepak bola nasional hanya mengakuinya setelah kompetisi selesai.

 

"Juara itu akan dinyatakan setelah seluruh pertandingan selesai," kata Ratu, Kamis (9/11).

Menurut Ratu, Liga 1 masih menyisakan satu kali lagi pertandingan pada pekan ke-34 yang dijadwalkan pada Ahad (12/11). "PSSI akan menunggu seluruh pertandingan selesai," ujar dia.

Kepala Operasional Liga Indonesia Baru (LIB) Tigor Shalomboboy pun mengatakan demikian. Kata dia, sebelum Bhayangkara mengklaim gelar juara, masih ada dua tantangan bagi kesebelasan itu. Pertama terkait dengan pekan pamungkas Liga 1 yang akan mempertemukan Bhayangkara dan Persija Jakarta.

Selain laga tersebut, pekan ke-34 juga mempertandingkan tim peringkat kedua Bali United dan Persegres Gresik United. Tapi paling krusial, diterangkan Tigor, gelar juara masih harus menunggu proses pengadilan di internal federasi nasional.

Sebab, lanjut Tigor, masih ada upaya banding Mitra Kukar yang dinyatakan kalah 0-3 dari Bhayangkara. "Masih ada proses yang sama-sama masih kita tunggu menyangkut Mitra Kukar dan Bhayangkara," ujar dia. "Jadi belum ada yang resmi juara."

Di atas kertas, sebetulnya Bhayangkara sudah berhak mengklaim gelar juara Liga 1. Kepastian gelar tersebut setelah skuat pelatih Simon McMenemy itu menang 3-1 dari Madura United pada pekan ke-33, Rabu (8/11). Tiga angka tambahan dari mengalahkan Laskar Sapeh Kerrap itu, membuat tim kepolisian kini kokoh di pucuk klasemen Liga 1.

Bhayangkara kini mengoleksi 68 angka. Tertinggi dari 17 tim lain peserta kompetisi musim ini. Liga 1 memang masih sisa satu kali pertandingan. Tapi nilai milik Bhayangkara dipastikan tak lagi mampu dikejar. Tim peringkat kedua Bali United kini hanya mengemas 65 angka.

Pekan terakhir nanti, Bhayangkara akan tanding melawan Persija. Sedangkan, Serdadu Tridatu menjamu Persegres Gresik United. Jika Bhayangkara menang dari Macan Kemayoran, tim tersebut bakal kembali menambah tiga angka.

Bali United yang punya peluang menang dari Persegres juga akan mempunyai 68 angka sama seperti Bhayangkara jika kalah dari Persija. Tetapi skuat Serdadu Tridatu itu tetap akan menjadi runner-up. Sebab secara head to head, tim kepolisian lebih unggul dibanding Serdadu Tridatu.

Sumber: Republika
Editor: Dardani