Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penataan Dapil, KPU Lingga Gelar Raker dengan Partai Politik
Oleh : Bayu Yiyandi
Kamis | 09-11-2017 | 15:38 WIB
Raker-Parpol-Lingga1.gif Honda-Batam
Raker KPU Lingga dan Parpol. (Foto: Bayu).

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga menggelar rapat kerja (raker) bersama dengan para partai politik (parpol) yang ada di Lingga di aula hotel Lingga Pesona, Kamis (9/11/2017) pagi.

Ketua KPU Lingga, Agussyuriawan mengatakan rapat yang dilakukan ini dengan tujuan untuk memberikan pemahaman terkait penyusunan, penataan daerah demilihan (dapil) dan alokasi kursi untuk pemilu legislatif tahun 2019 mendatang di Lingga.

"Jadi Raker yang kita lakukan hari ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada para pengurus parpol, masyarakat dan stakeholder terkait wacana pemecahan Dapil kemaren," kata Agus.

Ia menjelaskan, untuk pemecahan dapil pihaknya masih menunggu tanggal dan aturan mainnya. Sebab untuk penataan dapil itu dilakukan pada Desember mendatang.

"Kita masih menunggu. Makanya dalam raker ini kita susun lagi usulan penataan atau pemecahan dapil itu sekaligus dengan menghitung alokasi kursi untuk legislatif nantinya," ujar Agus.

Sementara itu untuk alokasi kursi dikatakan Agus, pihaknya juga masih menunggu data agregat kependudukan (DAK) per Kecamatan dari Kementrian yang menyelenggarakan urusan dalam negeri pada tanggal 17 Desember mendatang.

"Setelah kita menerima DAK baru kita bisa mengalokasikan kursi untuk DPRD. Karena itu dasarnya," tutur Agus.

Ia berharap usulan penataan Dapil ini dapat didukung oleh para partai politik yang ada di Lingga dan juga pemerintah setempat. Sebab penataan atau pemecahan dapil ini untuk merangkul aspirasi dari masyarakat dimasing-masing daerah.

"Kita minta dukungan lah dari para parpol dan juga masyarakat. Cuman kita dari KPU tetap juga harus memperhatikan 7 prinsip penataan Dapil. Salah satu jumlah penduduk. Kalau jumlah penduduk dibawah 100 ribu itu otomatis bisa, tapi kalau dibawah tidak. Tapi kalau data yang kita peroleh sekarang, jumlah penduduk di Lingga sudah memenuhi. Kita lihat aja nanti," tutup Agus.

Editor: Yudha