Dana Transfer 2018 untuk Kepri Naik Signifikan
Oleh : Irawan
Kamis | 09-11-2017 | 15:26 WIB
Haripinto_natuna14.gif
Senator Haripinto Tanuwdijaja, Anggota Komite IV DPD RI asal Provinsi Kepulauan Riau saat mengunjungi Pulau Laut Natuna

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Senator Haripinto Tanuwidjaja, Anggota DPD RI asal Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengatakan, Dana Transfer untuk Kepri pada 2018 akan mengalmi kenaikan signifikan atau hampir 100 persen.

Kenaikan tersebut dihitung berdasarkan kekhususab Kepri sebagai daerah perbatasan dan sebagia besar wilayahnya berupa lautan.

"Kalau dulu perhitungannya jumlah penduduk, pegawai, tingkat kesulitan wilayah lautan dan daratan laut hanya dihitung 40 persen. Sekarang dari 100 persen wilayah lautnya, 96 persen wilayah laut Kepri dihitung," kata Haripinto di Jakarta, Kamis (9/11/2017).

Haripinto menegaskan, kenaikan Dana Transfer 2018 Provinsi Kepri merupakan perjuangan dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. "Oktober kemarin berhasil kita perjuangankan kenaikan yang signifikan," katanya.

Anggota Komite IV DPD RI ini menambahkan, Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) juga telah diperjuangkan DPD RI untuk mendapatkan prioritas kenaikan. Namun, hal ini perlu peran aktif dari pemerintah daerah untuk mengajukan program ke pemerintah.

"Jadi untuk daerah perbatasan, tertinggal, kepulauan ada Dana Affirmatif yang dialokasikan pemerintah pusat untuk daerah melalui kementerian atau lembaga. Tetapi Pemda harus proaktif membuat program dan pengajuan proposal ke pemerintah pusat," katanya.

Program DAU Affirmatif itu misalnya diperuntukkan untuk pembangunan pelabuhan perintis atau konektivitas lainnya, kelistrikan, infrastruktur, kesehatan, pelabuhan dan lain-lain.

Editor: Surya


BNN-KEPRI