Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Tips Bekerja dari Rumah agar Tetap Efektif dan Produktif
Oleh : Redaksi
Kamis | 02-11-2017 | 12:38 WIB
kerja-di-rumah.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Berkat teknologi cloud computing dan mobile internet yang sangat mudah diakses, bekerja dari rumah, alias bekerja jarak jauh semakin sering terjadi di antara populasi pekerja saat ini.

Saat bekerja dari rumah terdengar keren, mereka yang baru mengenalnya mungkin berjuang untuk menyesuaikan diri dengan fleksibilitas baru mereka. Hanya karena Anda bisa bekerja memakai piyama Anda tidak berarti itu adalah ide yang baik untuk dilakukan.

Jika Anda tidak memperlakukannya seperti hari kerja lainnya, Anda akan merasa terganggu dan akan terus berusaha menyelesaikan pekerjaan Anda.

Hindari gangguan di rumah dengan tips dari Jobstreet berikut ini:

Bergantung pada jenis atau sifat pekerjaan, Anda mungkin tidak perlu berpegang pada jam kerja reguler. Hal ini membantu untuk menemukan ritme kerja Anda sehingga dapat tetap produktif. Sebagian dari kita bersemangat di pagi hari, sementara yang lain bekerja lebih baik di sore hari, atau bahkan di malam hari.

Bahkan jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk mengikuti jam kantor, mengetahui ritme kerja Anda akan membantu Anda mengelola jam kerja yang tidak produktif dengan lebih baik. Anda bisa menjadwalkan kerja manual untuk jam-jam tersebut, atau membuat secangkir besar kopi jika Anda memiliki tumpukan laporan untuk dibaca. Intinya, karena bisa mengantisipasi jam kerja berkinerja rendah dapat membantu Anda membalikkan keadaan.

Mandi, bercukur & berpakaian

Anda dapat memilih untuk tetap tidak bercukur dan bekerja memakai piyama Anda sepanjang hari. Tapi jika Anda menginginkannya menjadi hari yang produktif, lakukan dengan benar. Jalankan ritual pagi Anda dengan cara yang sama seperti jika Anda pergi ke kantor. Anda akan merasa segar dan energik setelah mandi, dengan baju bersih dan celana panjang yang segar.

Mulailah hari dengan benar

Anda harus sarapan sehat untuk memulai hari dengan benar. Setelah sarapan pagi, beri waktu untuk bersantai dan berkumpul kembali sebelum mulai bekerja. Renungkan, lakukan yoga, atau habiskan satu jam merencanakan hari Anda. Apapun itu, inilah saatnya untuk masuk ke dalam kerangka pikir yang produktif.

Miliki ruang kerja yang layak

Jangan membuat kesalahan dengan berpikir Anda bisa melakukan pekerjaan Anda tergeletak di sofa karena sangat nyaman, dan Anda dapat melakukan itu. Namun Anda akan merasa sangat nyaman sehingga Anda akan mulai mengantuk dan tertidur. Jika Anda ingin tetap produktif, siapkan ruang kerja yang sesuai untuk pekerjaan. Dengan cara ini, otak Anda tahu bahwa ini sudah waktunya bekerja ketika Anda duduk di kursi Anda.

Investasikan kursi yang bagus

Dengan situasi yang sama, memiliki kursi yang layak adalah sama pentingnya jika Anda ingin menghabiskan waktu berjam-jam duduk di atasnya. Dapatkan kursi kantor yang tepat untuk menjaga postur tubuh Anda tegak sambil memberikan sandaran pinggang yang memadai. Punggung Anda akan berterima kasih untuk itu.

Sumber: Bisnis.com
Editor: Gokli