Banner TJP

Anggota DPR Dukung Pembuatan Peta Rawan Korupsi di Lembaga Legislatif

images (7).jpg

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pembuatan peta rawan korupsi di DPR yang digagas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), mendapat dukungan dari Senayan. Anggota DPR RI, Hendrawan Supratikno, mengapresiasi rencana tersebut.

"Setuju sekali, karena itu menjadi program DPR untuk memperbaiki citra dan kinerjanya karena dinilai buruk oleh masyarakat.Upaya pimpinan dewan untuk membersihkan diri dari titik-titik korupsi itu penting sekali," ungkap Hendrawan, yang dikutip dari laman resmi parlemen, hari ini.


Hendrawan menambahkan, citra buruk DPR antara lain dianggap sebagai pusat korupsi hulu dari berbagai persoalan bangsa. Lembaga legislatif juga dianggap tidak memecahkan masalah tetapi bagian dari masalah. 


Itu sebabnya upaya pimpinan DPR untuk membersihkan diri dari tuduhan seolah-olah mekanisme dan prosedur yang dibangun DPR itu untuk merampok uang negara.


Ia mengungkapkan, dari ketiga fungsi pokok DPR, semua rawan korupsi. Karena, sistem politik di Indonesia berbiaya mahal, maka politisi yang ditempatkan di manapun dan fungsi apapun, cenderung berperilaku untuk merespon kondisi biaya politik mahal itu.


Dia berharap semua kegiatan di DPR transparan, mengakui apa adanya secara jujur. Jika terus-menerus nyaman dalam kepura-puraan, maka tidak pernah bisa memperbaiki diri. 


"Diskresi tanpa transparansi, itu korupsi. Kewenangan tanpa disertai keterbukaan dan tanggung jawab itu pasti penyalahgunaan wewenang," tandas Hendrawan.   


Pembuatan peta rawan korupsi itu sendiri diungkapkan Wakil Ketua DPR Pramono Anung ketika mengadakan pertemuan dengan Pimpinan KPK, Selasa. Pertemuan tersebut dihadiri oleh lima pimpinan KPK, unsur pimpinan DPR, dan Sekretaris Jenderal DPR, Winantuningtyastiti.


Menurut Pramono, tugas utama DPR adalah legislasi, pengawasan dan    .....(halaman selanjutnya)

Share on Google+ Batamtoday .com

Iklan-Batamtoday