Banner TJP

Polda Kepri Telusuri Penyebab Kaburnya Alan D Still dari Polresta Barelang

GEdung_Mapolda_Kepri_2222.JPG

BATAM, batamtoday - Dugaan kaburnya warga Kanada, Alan D Still yang tersangka kasus penganiayaan terhadap Merliana di Kampung Bule pada malam pergantian tahun 2012 - 2013 lalu, akan ditelusuri Polda Kepri lantaran hingga kni bule tersebut belum juga menampakkan batang hidungnya.

"Akan kita pertanyakan surat izin untuk meninggalkan Indonesia selama dua minggu yang dikeluarkan oleh pihak penyidik Polresta Barelang terhadap Alan D Still," ujar Kabid Humas Polda Kepri, AKBP Hartono kepada wartawan, Senin (15/7/2013). 


Hartono menegaskan, kasus penganiayaan yang dilakukan hingga Alan D Still meninggalkan Indonesia dari Batam merupakan tanggung jawab pihak penyidik Polresta Barelang. Tambahnya, proses hukum dari penyidikan hingga pelimpahan tahap II ke Kejaksaan Negeri merupakan kewajiban para penyidik. 


"Bagaimanapun, dari proses penyidikan hingga pelimpahan tahap II masih dalam  tanggung jawab penyidik. Dan penyidik wajib menyerahkan tersangka dan barang bukti kepada Kejaksaan Negeri setelah kasus dinyatakan P-21," tegasnya.


Menurut Hartono, Polda Kepri akan menelusuri penyebab kaburnya Alan D Still, setelah memperoleh izin Polresta Barelang, untuk meninggalkan Batam berangkat ke Dubai dengan dalih urusan bisnis.


"Dibenarkan atau tidak, akan dilihat dulu dari asalannya. Jadi tidak bisa main asal keluarkan izin saja. Semua itu harus dipertimbangkan terlebih dahulu," tegas Hartono kembali.


Hartono tidak ingin menduga terjadinya unsur kesengajaan yang dilakukan penyidik Polresta Barelang yang memberikan paspor tersangka setelah memperoleh izin bisnis di Dubai.


"Yang pasti nanti akan dilihat dulu alasan keperluannya apa untuk meninggalkan Batam. Yang jelas, penyidik wajib menyerahkan tersangka dan barang bukti kepada JPU (Jaksa Penuntut Umum)," ujarnya.


Sebagaimana diberitakan sebelumnya, warga Kanada bernama Alan D    .....(halaman selanjutnya)

Share on Google+ Batamtoday .com

Iklan-Batamtoday