Verifikasi Data Pemilih, KPU Batam Kerahkan 1.597 Pantarlih

pemilu 2014.jpg

BATAM, batamtoday - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam membentuk Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang beranggotakan 1.597 orang untuk melakukan pendataan secara serempak sejak 10 Juni 2013 lalu.

Komisioner KPU Batam, Ngaliman mengatakan anggota pantarlih dibekali 3 jenis formulir. Formulir pertama data pemilih model A0 yaitu data tersebut berbasis seperti data e-ktp, satu orang anggota pantarlih membawa formulir  rata-rata 500. pemilih A0 nantinya mereka akan memverifikasi data penduduk yang disesuaikan RT atau RW tempat dia bertugas.

"Ada dua tugas utama seperti menghapus pemilih yang tidak berhak, seperti meninggal dunia, di bawah umur, pindah domisili dan orangnya tidak jelas keberadaannya," ujar Ngaliman kepada wartawan, Kamis (13/6/2013)

Anggota pantarlih kemudian memasukan data pemilih baru, WNI yang sudah memiliki hak pilih, yakni berusia 17 tahun atau lebih atau sudah pernah menikah tetapi belum masuk dalam daftar pemilih DP4 yang diberikan Dinas Kependudukan dan Catatan Kota Batam ke KPU Batam.

Pendtaaan tersebut dialkukan selama satu bulan yakni melakukan verifikasi seperti pencocokan data. Nantinya data tersebut akan dikumpulkan oleh Panitia Pungutan Suara (PPS) tingkat Kelurahan.

"Oleh PPS data tersebut akan disusun berbasis satu TPS maksimal 500 pemilih. Nantinya ini kan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) akan diumumkan pada  11 Juli," kata dia.

Untuk mendapatkan tanggapan masyarakat, KPU memberikan hak jawab bagi masyarakat seperti warga yang belum masuk daftar pemilih, kesalahan penulisan nama, atau data-data yang masih keliru.

"KPU perlu tanggapan dari masyarakat untuk melihat sudah betul belum datanya, kalau nantinya masih banyak yang bermasalah maka KPU batam memberikan waktu jika masih memungkinkan sebelum DPS tersebut ditetapkan menjadi DPT pada 7 Desember," pungkasnya.

Editor: Dodo

Share on Google+