SMK Negeri 4 Batam Utamakan Siswa dari Kalangan Tak Mampu

SMK-Negeri-4-Batam2.jpg

BATAM, batamtoday - Menjelang pelaksanaan penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2013/2014, SMK Negeri 4 Batam berkomitmen mengutamakan penerimaan anak didik dari kalangan tak mampu secara ekonomi.

"Kami utamakan dari kalangan tak mampu secara ekonomi, asalkan memiliki kualifikasi cerdas dan memiliki keinginan kuat untuk belajar," kata Kholiq, Ketua Komite SMK Negeri 4 Batam, Selasa (28/5/2013).

Kategori kurang mampu tersebut, menurutnya, dapat dilihat saat calon siswa mengisi formulir pendaftaran peserta didik baru (PPDB) online yang dimulai pada Senin (1/7/2013) hingga Kamis (4/7/2013) mendatang.

"Maupun orang tuanya sopir taksi atau tukang ojek, yang kurang mampu akan kami usahakan, asalkan cerdas. Karena memang sekolah negeri itu untuk mereka. Kalau yang kaya-kaya, masuk sekolah swasta saja," ujarnya.

Ia menjelaskan, walaupun calon siswa tersebut dari segi nilai dia tidak bisa masuk kategori, akan dilihat dari segi keterampilan dan kemampuan. Dan hasil ujian nasional, menurutnya, tidak menjadi tolok ukur para siswa.

"Ada beberapa tes yang dilakukan sebelum siswa tersebut menjadi anak murid SMKN 4, terutama dengan tes keterampilan," ujar Kholiq.

Editor: Dodo

Share on Google+