BP Batam Gaet Garuda Indonesia Bangun Fasilitas Perawatan Pesawat di Hang Nadim

Garuda-bangun-dua-hanggar-b.gif

BATAM, batamtoday - Setelah berhasil menggaet maskapai penerbangan Lion Air Group dan PT Indonesia Aero Maintenance (IAM), kini Garuda Indonesia yang tertarik untuk membangun fasilitas perawatan (maintenance) di Bandara Hang Nadim.

Dijelaskan oleh Ilham Eka Hartawan, Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam bahwa Garuda Indonesia berminat membangun fasilitas perbaikan (Garuda Maintenance Fasility/GMF) di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

"Garuda membutuhkan lahan 48 hektare untuk membangun GMF. Namun untuk tahap awal hanya akan dibangun pada lahan seluas 15 hektare," kata Ilham, Senin (27/5/2013).

Pihak BP Batam saat ini sedang melakukan pembicaraan intensif dengan pihak Garuda Indonesia untuk memastikan Hang Nadim sebagai pilihan untuk pendirian GMF karena mereka juga sedang menjajaki Bandara Internasional Kuala Namo, Sumatera Utara untuk pembangunan GMF.

"BP Batam secara intensif terus melakukan pembicaraan. Kami juga telah menyiapkan draft kerjasama dengan Garuda," ujar Ilham.

Akan tetapi BP Batam berkeyakinan pihak Garuda akan memilih Bandara Hang Nadim dibanding Bandara Kuala Namo karena status Batam sebagai kawasan perdagangan bebas (FTZ).

"Kami optimis Garuda akan memilih Batam karena status FTZ, sangat memudahkan bagi pengusaha untuk mendatangkan komponen pesawat ke Batam," katanya.

Ditambahkan Ilham, untuk Lion Grup saat ini sudah melakukan tahap pembangunan tahap awal pada lahan seluas empat hektare. Sedangan IAM masih dalam pelengkapan administrasi dan direncanakan akan membangun pada awal September mendatang.

Editor: Dodo

Share on Google+