Banner TJP

Batamtoday.com | Ditjen Kebudayaan Siap Jadikan Camp Vietnam Sebagai Museum Budaya

Ditjen Kebudayaan Siap Jadikan Camp Vietnam Sebagai Museum Budaya

Galang_Island_vietnam_tour.jpg

BATAM, batamtoday - Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kacung Maridjan, menyatakan Pulau Galang merupakan salah satu tempat  pengungsian terbaik di dunia, sehingga Camp Vietnam akan dijadikan museum budaya di Indonesia.

Rencana tentang revitalisasi Camp Vietnam di Pulau Galang ini sudah masuk dalam anggaran Ditjen Kebudayaan tahun 2013 ini dan pembangunannya akan dilakukan bersama Pemerintah Kota (Pemko) Batam sehingga dapat segera terealisasi.

"Camp Vietnam di Pulau Galang akan dijadikan museum budaya, sesuai pelestarian warisan budaya dalam lima pilar pembangunan budaya nasional," kata Kacung usai kegiatan Rapat Koordinasi Penyusunan Program dan Anggaran Pusat dan Daerah Ditjen Kebudayaan di Hotel Planet Holiday, Senin (13/5/2013).

Selain Camp Vietnam di Pulau Galang, kampung tua yang merupakan salah satu peninggalan sejarah dan akar budaya yang dilindungi di Kota Batam, masuk dalam program pelestarian warisan budaya yang sudah diajukan Pemko Batam ke Ditjen Kebudayaan.

Menurut Kacung, Kota Batam juga ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan Festival Budaya Melayu, yang akan diikuti perwakilan dari Sumatera dan Kalimantan.

"Festival budaya Melayu rencananya akan dilaksanakan dalam waktu dekat, yang nantinya akan di perwakilan dari Singapura dan Malaysia," terangnya.

Masih kata Kacung, pihaknya sedang intens melakukan pengumpulan naskah kuno Melayu, sebab saat ini marak diburu oleh pemerintah Malaysia dalam melakukan pengumpulan bukti-bukti sejarah Kerajaan Melayu masa lalu.

"Usaha kita saat ini bagaimana bisa mengumpulkan dan menyelamatkan naskah-naskah Melayu kuno yang banyak diburu pemerintah Malaysia," lanjutnya.

Rapat Koordinasi Penyusunan Program dan Anggaran Pusat dan Daerah Ditjen Kebudayaan diselenggarakan di Batam pada 13 hingga 15 Mei 2013 sengaja ditunjuk panitia sebagai tuan rumah karena Batam merupakan tempat tujuan wisata ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Bali.

Editor: Dodo

Share on Google+