Banner TJP

Batamtoday.com | Pemerintah akan Terima 169 CPNS baru Tahun 2013

Pemerintah akan Terima 169 CPNS baru Tahun 2013

PNS.jpg

JAKARTA, batamtoday - Pemerintah berencana membuka pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru sebanyak 169 ribu orang tahun ini. Jumlah itu juga termasuk penyelesaian pengangkatan pegawai honorer yang masih tersisa.
 
Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamen PAN-RB) Eko Prasojo mengatakan, untuk penerimaan pegawai dari pelamar umum, dibagi untuk pemerintah pusat dan daerah. Dari sini, lanjut Eko, pemerintah bisa benar-benar mencari pegawai yang sesuai kebutuhan.
 
Eko menargetkan perekrutan pegawai tahun 2014 kurang lebih sama dengan penerimaan tahun ini.

"Kalau enggak ada yang macam-macam, Insya Allah 2014 masalah pegawai honorer rampung," kata Eko, seperti dikutip dalam laman Sekertariat Kabinet RI.
 
Menurut Eko, adanya pegawai honor yang masih tersisa membuat penerimaan pegawai masih harus memprioritaskan pegawa honorer. Setidaknya, penerimaan CPNS yang leluasa baru bisa dilaksanakan pada 2015 mendatang.

Tes penerimaan CPNS akan dimulai pada Agustus 2013. Ada pun jumlah PNS yang memasuki masa pensiun tahun ini mencapai sekitar 110 ribu dan yang akan diterima sekitar 60 ribu CPNS.

Kemenpan-RB masih menunggu usulan kebutuhan CNPS dari daerah. Setiap daerah harus mengusulkan berapa jumlah CPNS yang dibutuhkannya.

Sementara untuk Pegawai Tidak Tetap (PTT) Kategori 2 (pendapatan tidak dibayar melalui APBN/APBD), Eko mengatakan, jumlahnya mencapai 500 ribu.

“Kemenpan-RB masih akan melakukan penentuan kuota formasi jurusan dan usulan dari daerah,” jelas Eko.

Kemudian akan ditentukan jumlah kuota yang akan diterima untuk PTT K2. Jika kuota telah ditentukan, maka akan dilakukan tes pada Juli atau Agustus.

Tes penerimaan PTT K2, lanjut Eko, akan disamakan dengan tes penerimaan reguler, diantaranya tes kepribadian, tes potensi akademik, dan tes wawasan kebangsaan.

Editor : Surya

Share on Google+