Banner TJP

Ketua Tim Penyidik 'Menghilang'

Dugaan Korupsi Rudin Suryatati Mengendap, Kajati Kepri Dicopot

gedung-kejati-kepri.jpg

TANJUNGPINANG, batamtoday -- Keseriusan Kejaksaan Tinggi Kepri dalam mengungkap sejumlah dugaan korupsi Kepri, pantas untuk dipertanyakan kembali. Apalagi dalam penanganan dugaan korupsi dana pemeliharaan dan renovasi rumah dinas mantan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang tahun 2008-2012, yang terkesan diendapkan dan bahkan dialihkan dari pidana ke 'perdata' alias utang piutang.

Dalam penanganan dugaan korupsi rudin wali kota dan wakil wali kota ini, meski telah memeriksa 24 orang saksi, termasuk mantan pejabat Pemko dan DPRD Tanjungpinang, terlebih mantan Wali Kota Suryatati A Manan yang hingga tiga kali menjalani pemeriksaan, namun hingga saat ini Kejati Kepri belum juga meningkatkan status penyelidikan ke tingkat penyidikan.

Tidak hanya itu, dalam penyidikan yang dilakukan juga menyatakan telah menemukan unsur melawan hukum serta dugaan merugikan keuangan negara, namun masih diendapkan dan malah terkesan akal-akalan.

Akal-akalan itu kian terang benderang, setelah kasus dugaan korupsi ini hendak diselesaikan dengan pengembalian dana dengan pembayaran atau pengembalian dana laik-nya kasus perdata. Ironisnya, dari infromasi yang diperoleh wartawan dari internal kejaksaan, mengendapnya proses hukum kasus korupsi ini disebabkan adanya lobi dan tekanan orang tertentu dari gedung bundar Kejaksaan Agung, sehingga membuat Kejati Kepri 'manut' untuk membelokkan ke 'perdata'.

"Sampai saat ini sudah tidak ada lagi pemeriksaan, tinggal mengikuti perintah pimpinan aja, dan kami tidak bisa ngomong apa-apa," ujar salah seorang oknum jaksa di Kejati Kepri, Kamis (19/4/2013) lalu.

Soal penyelesai kasus ini dengan cara 'membayar', Asipidsus Kejati Kepri Erwin Harahap SH MH, yang berusaha dikonfrimasi tersebut, hingga berita ini diunggah yang bersangkutan enggan memberikan jawaban. Baik melalui SMS maupun dengan menghubungi langsung    .....(halaman selanjutnya)

Share on Google+ Batamtoday .com

Iklan-Batamtoday