Banner TJP

KPU Batam Lakukan Validasi DP4 Pemilu 2014

kantor-KPU.gif

BATAM, batamtoday - Abdul Rahman, komisioner KPU Batam  mengatakan daftar potensial pemilih pemilu (DP4) yang diterima KPU Kota Batam kini hanya sekitar 823.321 dan selanjutnya  DP4 itu yang nantinya akan diverifikasi KPU Batam menjelang Pemilu 2014.

"Kita lakukan pengecekan apakah ada yang salah atau tidak dengan DP4 itu," ujar Rahman, Rabu (20/2/2013).

Setelah DP4 ini komplit dan selesai dilakukan pengecekan oleh KPU Batam, pada Maret nanti lembaga tersebut akan membentuk Panitia Pemutakhiran Daftar Pemilih dan akan melibatkan RT yang ada di Kota Batam.

"Setelah panitia dibentuk baru akan kita lakukan pengecekan langsung ke orang-orang atau warga yang masuk dalam daftar potensial pemilih pemilu ini mungkin saja sekarang ada warga Batam berusia 16 tahun namun setelah pemilu nanti usianya sudah 17 tahun pastinya warga tersebut sudah wajib pemilih," ujar dia.

Setelah data pemilih kota Batam bagus dan lengkap lalu kemudian pihaknya membentuk Daftar pemilih Sementara (DPS) sebelum dirangkum dalam bentuk Daftar Pemilihan Tetap (DPT)

"Jadi tahapan DPT itu masih jauh satu juta orang. Sementara daftar potensial pemilih pemilunya saja cuma delapan ratusan ribu apalagi jumlah penduduk Batam dari anak-anak hingga orangtua mencapai 1 juta jiwa lebih," kata Rahman.

Sementara itu, saat ini KPU Batam sedang melakukan perekrutan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

"Kita sekarang sedang menerima yang mau jadi anggota PPK siapapun warga Batam yang mau jadi anggota PPK silakan datang saja ke kantor KPU Batam syaratnya ijazah SMA berusia 25 tahun tidak terlibat dalam Partai Politik selama 5 tahun ini memiliki integritas," katanya.

Share on Google+