Muslim Tegaskan Dana RBOS Bukan untuk Beasiswa Murid Kurang Mampu

muslim-bidin-baru.gif

BATAM, batamtoday - Muslim Bidin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam mengatakan dana Rintisan Bantuan Operasional Siswa (RBOS) yang diperuntukkan bagi siswa SLTA sederajat, baik sekolah negeri maupun swasta dipergunakan untuk keperluan operasional sekolah tidak bisa digunakan untuk beasiswa bagi siswa yang tidak mampu.

Dijelaskan oleh Muslim, dana RBOS diusulkan oleh masing-masing sekolah SLTA sederajat berdasarkan jumlah siswanya ke pusat. Dalam hal ini Dinas Pendidikan sifatnya hanya mengetahui saja.

"Masing-masing sekolah mengusulkan data jumlah siswa ke pusat yang diketahui oleh Dinas Pendidikan. Dananya sudah cair langsung ke rekening sekolah masing-masing," ujar Muslim saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (29/6/2012).

Ditegaskan Muslim, dana RBOS peruntukannya tidak bisa untuk mengurangi uang sekolah atau digunakan untuk beasiswa bagi murid sekolah, melainkan digunakan untuk operasional sekolah masing-masing.

"Angka pasti besaran dana RBOS untuk sekolah di Batam masih belum tahu, belum direkap. Penggunaannya ada 13 item, saya belum tahu pasti isinya namun peruntukannya bagi operasional sekolah," ungkapnya.

Akan tetapi, pernyataan Muslim berbeda dengan kebijakan yang diambil oleh SMA 4 Tiban Kampung yang menggunakan dana RBOS Rp101.640.000 untuk biaya uang sekolah dan beasiswa bagi 92 siswa yang benar-benar tidak mampu.

Kepala sekolah SMA 4, Tapi Winanti kepada wartawan menyatakan kebijakan tersebut berdasarkan kesepakatan dari seluruh orang tua siswa di sekolah tersebut.

Share on Google+