Banner TJP

Sopir Taksi Resmi di Batam Wajib Pakai Kartu Identitas

taksi2.jpg

BATAM, batamtoday- Dinas Perhubungan Kota Batam telah mengeluarkan aturan yang mewajibkan kepemilikan kartu identitas pengemudi (KIP) bagi pengemudi taksi di Batam. Hal ini guna menekan potensi terjadinya tindak kejahatan kepada penumpang dan keberadaan pengemudi tidak resmi (sopir tembak).

Pemberlakuan aturan baru bagi pengemudi taksi di Batam itu disampaikan Zulhendri, Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, kepada batamtoday, Sabtu (5/5/2012). "Sekarang pengemudi taksi harus mempunyai KIP (Kartu Identitas Pengemudi)," katanya.

Kewajiban kepemilikan KIP tersebut, lanjutnya, diterapkan utamanya untuk menekan potensi terjadinya tindak kejahatan kepada penumpang.

Adanya kartu identitas itu diyakini Dishub dapat lebih menjamin keselamatan penumpang dari tindakan kriminal, seperti perampokan dan pemerkosaan.

Selain itu, kewajiban penggunaan KIP juga diterapkan guna menekan banyaknya sopir tembak di Batam pada pengoperasian taksi.

Dimana dengan KIP, masyarakat pengguna taksi dapat dengan langsung mengetahui apakah pengemudi yang melayaninya itu resmi atau tidak.

Secara teknis, zulhendri menjelaskan, KIP wajib dipasang di dashboard mobil yang mencantumkan nama pengemudi dan nomor telepon perusaha