TMMD ke-100 Kodim 0316/Batam

Serasa Mimpi, Rosnawati Kini Bisa Tinggal di Rumah Layak Huni
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 19-10-2017 | 15:02 WIB
pengobatan-gratis-TMMD1.gif
Pengobatan gratis TMMD ke-100 Kodim 0316/Batam. (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pengobatan gratis yang digelar dalam rangkaian TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 100 Kodim 0316/Batam, benar-benar membantu masyarakat Belakangpadang.

Seperti yang diutarakan Rosnawati (54). Ia, merasa beruntung bisa langsung berkonsultasi dengan dokter yang langsung didatangkan.

"Selama ini kalau berobat ke puskesmas, tidak pernah jumpa dokter. Paling hanya dikasih obat. Kalau saya penyakit tua nak, rematik," akunya, Kamis (19/10/2017).

Saat ditanya bagaimana pandangannya terkait TMMD ini, air matanya tidak bisa dibendung. Sebab, program yang dilaksanakan sangat membantu dan merubah hidupnya. Ternyata, Rosnawati juga termasuk salah satu warga yang mendapat program bedah rumah untuk kawasan Belakangpadang.

"Saya tidak tahu harus berkata apa. Jujur, semua terasa mimpi. Rumah saya diperbaiki, dan sekarang juga bisa berobat gratis. Ini benar-benar kenikmatan yang saya dapat," ungkapnya, sambil menghapus air mata membasahi pipinya yang mulai keriput.

Ditambahkan, ia sangat bersyukur dengan terlaksananya kegiatan ini. Bahkan, ia berharap bisa sering dilakukan agar masyarakat bisa hidup sehat.

"Kalau bisa, ya pengobatan gratis ini bisa sering dilakukan. Apalagi untuk orang seperti kami, tidak selalu punya biaya untuk berobat. Dapat untuk makan saja sudah syukur," lanjutnya.

Terkait kehadiran TNI di tengah masyarakat, ia mengaku sangat membantu. Apalagi, dirinya yang selama ini sibuk mencari biaya untuk makan, tidak pernah berinteraksi langsung dengan prajurit.

"Biasanya, saya takut kalau liat bapak-bapk TNI. Tapi ternyata setelah berinteraksi, semua ramah dan baik. Yang jelas, senang bisa berkomunikasi dengan mereka. Saya benar-benar berterimakasih untuk TMMD ini," tambahnya.

Hal sama juga diungkapkan ibu-ibu yang lain, seperti bu Ani (39). Sambil menggendong anaknya paling kecil yang berusia 1 tahun, menginginkan kegiatan ini sering dilakukan.

"Senanglah pokoknya, bisa berobat gratis. Jadi uang yang rencananya untuk berobat, bisa untuk beli beras dan bahan di dapur," ujarnya.

Melihat antusiasnya warga, Dandim 0316/Batam, Letkol Inf Dwi Sasongko, merasa bangga karena apa yang menjadi target, memang tepat sasaran.

"Sasaran kita yakni membantu masyarakat yang tinggal di daerah pesisir. Antusias warga sangat tinggi dan ini menjadi kepuasan tersendiri untuk kami, karena bisa menjalankan tugas," sebut Dwi.

Untuk pengerjaan renovasi rumah, sejauh ini sudah berjalan sekitar 80 persen lebih. "Kita sangat optimis, pengerjaannya selesai sebelum penutupan pada tanggal 26 September nanti," pungkas Dwi.

Editor: Yudha