World Food Day di Restauran Novotel

Hotel Novotel Kelola Limbah Organik Jadi Kompos
Oleh : Suci Rahmadani
Selasa | 17-10-2017 | 18:50 WIB
Kelola-sampah-jadi-kompos.gif
Bakhtiar, menceritakan bagaimana proses sampah makanan bisa dijadikan kompos dan berguna bagi tanaman di sekitar hotel (Foto: Suci Rahmadani)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hotel Novotel sebagai hotel terbaik di Kota Batam terus berbenah untuk memberikan sesuatu yang unik, salah satunya menerapkan program planet 21 seperti memanfaatkan limbah menjadi pupuk kompos.

HRD Manager Novotel, Marty, mengatakan bahwa program tersebut diluncurkan ketika acara World Food Day di Restauran Novotel, Selasa (16/10/2017). Program ini termasuk dalam accor hotels, tidak hanya untuk Novotel saja namun juga untuk hotel lain.

"Salah satu programnya seperti memanfaatkan sampah makanan menjadi pupuk kompos," katanya kepada tim media Batamtoday.com, Selasa (17/10/2017).



Untuk ke depannya, prograam ini akan terus dikembangkan dan tidak hanya memanfaatkan sampah makanan saja namun juga seluruh limbah yang ada.

"Saya akan menunjukkan bagaimana hotel yang baru menerima penghargaan ini, mengelola sampah makanan menjadi pupuk kompos," ujarnya.

Di beberapa bagian hotel, sudah terdapat tempat sampah sesuai jenis makanan seperti tempat sampah khusus kerak telur, sayur dan buah, hewani dan lainnya.

Sementara itu, Bakhtiar, salah seorang petugas yang mengelola sampah tersebut menceritakan bagaimana proses sampah makanan bisa dijadikan kompos.



Pertama katanya, hotel menyediakan beberapa tempat sampah yang sudah dibagi menurut jenis sampahnya masing-masing. Kemudian, setelah sampah terkumpul akan dilakukan pengolahan selama 45 hari. Seperti proses pengeringan, penghancuran dan lainnya.

"Satu kali proses kita bisa dapatkan 15 kilo gram pupuk kompos, untuk saat ini pupuk itu akan digunakan untuk taman di pekarangan hotel," jelasnya.

Agar sampah berguna bagi tanaman yang ada di sekitar hotel sehinggga menjadi cantik dan subur dan bisa dinikmati oleh yang menginap di hotel Novotel.

Editor: Udin