Pimpin Apel Pagi di SMKN 1 Batam, Polisi Ajak Pelajar Jauhi Narkoba, Terorisme dan Lawan Hoax
Oleh : Hadli
Senin | 16-10-2017 | 17:50 WIB
Upacara-di-SMK-1-Batuaji-Batam.gif
Upacara dipimpin Kanit Bin Polmas, Iptu Sudarso, diikuti anggota Sat Binmas dan seluruh guru SMK Negeri 1, Batuaji yang juga diajak mempedomani 4 pilar kebangsaan, Senin (16/10/2017) pagi (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Satuan Binmas Polresta Barelang dipercaya memimpin upacara di SMKN Negeri 1 Batam. Pesan yang disampaikan, agar seluruh pelajar menjauhi narkoba, miras, radikalisme, terorisme, kenakalan remaja.

Upacara dipimpin Kanit Bin Polmas, Iptu Sudarso, serta diikuti anggota Sat Binmas yang dihadiri seluruh guru SMK Negeri 1, Batuaji yang juga diajak mempedomani 4 pilar kebangsaan, Senin (16/10/2017) pagi.  

"Kami mengimbau kepada seluruh siswa-siswi agar menjauhi masalah dan sifat tercela seperti kenakalan remaja yang antara lain menjauhi narkoba, menjauhi minuman keras, tidak kebut-kebutan di jalan atau pun ikut geng motor dan juga tidak membully di antara sesama teman sekolah yang akan berdampak negatif terhadap kejiwaan rekannya sendiri, seperti rasa trauma berat ataupun stres," ujarnya.

 

Para siswa dan siswi juga diajak untuk tidak terlibat dalam kegiatan radikalisme, terorisme dan penggunaan medsos yang menjurus ke berita hoax. Sebab, dampak berita hoax merugikan orang lain. Pelaku hoax juga dapat diancam UU tentang ITE.  

"Untuk itu, pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah keberagaman suku, agama dan ras karena dasar kita adalah Pancasila," ujar dia.



Empat pilar kebangsaan yang dijelaskan dan harus diketahui dan harus dipedomani antara lain, Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, UUD 1945 sebagai dasar dari Undang Undang/ konstitusi negara Indonesia, Bhineka Tunggal Ika sebagai simbol keberagaman, namun tetap satu Indonesia dan NKRI yang harus dijaga bersama keutuhannya.

Peserta didik juga diajak hidup sehat dan disiplin. Seperti dianjurkan bangun pagi salat subuh bagi yang Muslim dan dilanjutkan olahraga atau lari pagi minimal tiga kali seminggu.

Editor: Udin