Ini Empat Cara Cegah Perselingkuhan
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 22-09-2017 | 11:50 WIB
selingkuhhhhh.gif
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Mencegah lebih baik daripada mengobati. Sama halnya dengan perselingkuhan di dalam hubungan. Sebelum Anda dan pasangan merasakan sakitnya perselingkuhan, lebih baik bekerjasama untuk membuat Anda dan pasangan nyaman dalam hubungan yang dijalani.

Psikolog Pingkan Cynthia Belinda Rumondor, S.Psi., M.Psi., mengatakan cara untuk mencegah terjadinya perselingkuhan adalah dengan memperkuat komitmen dalam hubungan melalui empat cara di bawah ini.

1. Menghabiskan waktu bersama

Pingkan yang merupakan jebolan psikologi Universitas Indonesia ini menyarankan pasangan selalu memiliki waktu bersama. Tidak harus melulu pergi berlibur dalam waktu lama, yang penting usahakan untuk memiliki waktu berkualitas dengan pasangan secara berkala.

Bisa dengan nonton televisi sambil berpengangan tangan, olahraga bersama, atau sesekali pergi keluar makan malam berdua sudah cukup. Pastikan selama Anda berdua bersama, tidak terdistraksi dengan notifikasi pekerjaan di ponsel, ya.

2. Jangan selalu membesar-besarkan masalah

Kadang hal yang membuat pasangan merasa kesal adalah masalah yang rasanya terus datang bertubi-tubi. Padahal mungkin tidak demikian. Hanya saja banyak masalah kecil yang terlalu dibesar-besarkan.

Tiap Anda tersentil dengan kesalahan kecil yang dibuatnya, coba diam dan berpikir sejenak. Misalnya pasangan lupa menelepon padahal sudah janji. Daripada langsung berasumsi macam-macam dan menyalahkan bahwa dia sudah tidak peduli lagi, coba pikirkan alasan yang masuk akal. Mungkin dia sedang banyak pekerjaan yang belum selesai.

3. Bersyukur dengan apa yang dilakukan oleh pasangan

Coba tuliskan "investasi" dan kontribusi pasangan Anda dalam hubungan yang membuat Anda selama ini bersyukur. Menurut Pingkan Rumandor, Psikolog Klinis Dewasa dari Universitas Indonesia, cara ini terbukti meningkatkan komitmen Anda dan pasangan. Anda dan pasangan akan bisa melihat dengan lebih jelas sejauh mana masing-masing dari Anda bekerja keras untuk membuat hubungan ini berjalan dengan baik.

4. Jangan lupa saling memuji

Meskipun sudah menikah atau menjalin hubungan waktu yang cukup lama, jangan sampai Anda lupa untuk menghargai apa yang pasangan lakukan. Pujian-pujian kecil seperti memuji wangi parfumnya, rasa masakannya, bisa mengokohkan pondasi hubungan Anda berdua. Selalu ingat juga pujian yang pernah diberikan oleh pasangan, sehingga penghargaan-penghargaan kecil ini tidak pernah putus.

Sumber: Tempo.co
Editor: Gokli