Sampai Ahir Tahun, RSUD Embung Fatimah Dipimpin Didi Koesmarjadi
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 21-09-2017 | 16:14 WIB
didi.jpg
Plt Direktur RSUD Embung Fatimah, Didi Koesmarjadi. (Foto: Tribunbatam)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Kota Batam menunda penggantian definitif Direktur RSUD Embung Fatimah, pasca Gunawan mengundurkan diri. Hingga akhir tahun 2017 posisi Direktur RSUD akan tetap dipegang oleh Pelaksana Tugas (Plt), Didi Koesmarjadi.

"Masih kita kaji. Serba tanggung karena menurut PP 18/2016, tahun 2018 nanti RSUD harus berbentuk unit pelaksana teknis (UPT). Kalau UPT kan di bawah Dinas Kesehatan," kata Sekretaris Daerah, Jefridin belum lama ini.

Ia menjelaskan, apabila RSUD menjadi UPT maka pimpinannya hanya tinggal ditunjuk langsung. Tak seperti Direktur RSUD yang harus melalui proses seleksi terbuka. "Plt bisa tunjuk. Kalau Direktur, harus seleksi seperti kepala dinas lainnya," ujarnya.

Jika sekarang dilakukan seleksi terbuka untuk mengisi posisi Direktur RSUD definitif, masa kerjanya terlalu singkat. Langkah ini dinilai kurang efisien sehingga tidak dilaksanakan.

"UPT ini sedang dirancang. Jadi sedang dikonsultasikan ke pusat, mana yang lebih efisien. Dari pada kita pilih Direktur tapi masa kerjanya tanggung hanya beberapa bulan," ujarnya.

Jefridin, mengaku sejauh ini tidak ada masalah dengan penunjukan Plt tersebut. Karena Didi bisa menjalankannya sebagai Kepala Dinas Kesehatan dan Plt RSUD, secara bersamaan.

"Sejauh ini normal, tidak ada permasalahan, karena jabatan Plt sejalan dengan Dinkes. Ini yang paling efisien sekarang," pungkasnya.

Editor: Dardani