Pengakuan Pelaku Penculikan

Saya Disuruh Rawat Anaknya, Katanya Dia Sudah Cerai dengan Suaminya...
Oleh : Hadli
Senin | 21-08-2017 | 20:15 WIB
Yl-saat-diwawancarai.gif
Yl saat diwawancarai sejumlah wartawan (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pelaku penculikan bayi laki-laki berumur 40 hari, Yl, mengaku kenal dengan ibu bayi yang diculik berinisial N. Menurut dia, N meminta kepadanya untuk merawat anak yang belum sempat diberi nama itu.

"Katanya, kak ambillah anak aku. Saya tanya kenapa, katanya mamanya yang mau merawat, tidak jadi, karena sudah merawat anaknya dua orang," kata Yl setelah tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Senin (21/8/2017).

Dengan digirng lima orang anggota Buser Macan Polresta Barelang, Yl bersama bayi berumur 40 hari itu diterbangkan dari Jakarta dengan menggunakan Citilink QG-844 dari Jakarta. Pesawat tiba di Hang Nadim Batam pukul 17.40 Wib.

"Saya tanya kenapa mau dikasih, katanya dia cerai sama suaminya. Okelah, kata aku nanti kalau sudah besar mau kamu ambil lagi gak apa," ujar Yl kembali, sembari digiring ke mobil tahanan Polresta Barelang.

Diberi sebelumnya, bayi laki-laki yang belum diberi nama berumur 40 hari tiba di Bandara Hang Nadim Batam dan akhirnya sampai dipelukan sang ibu tercinta berinisial N.

"Alhamdulillah, anak ibu N tiba dengan kondisi sehat," kata Waka Polresta Barelang, AKBP Mudji Supriadi saat menjemput kepulangan anak tersebut bersama ibunya di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Selasa (21/08/2017).

Bayi laki-laki tersebut dibawa ke Batam menggunakan Citilink QG-844 pukul 17.40 WIB. Lima orang angota Buser Macan Polresta Barelang turut serta menggiring tersangka Yl, seorang wanita mengenakan kaos warna merah.

"Pelaku sejauh ini masih satu orang, sejauh ini masih didalami apakah ada orang lain yang turut serta terlibat.

Mudji menjelaskan dengan singkat. Penculikan terjadi pada Rabu (16/08/2017) di rumah korban N yang berada di komplek Marselia Batam Center, sekitar pukul 12.00 Wib. Orangtua korban langsung membuat laporan polisi.

"Setelah mendapat laporan dan keterangan dari si Ibu, anggota mengecek tamu terakhir yang datang. Kita mendapati satu nama dan nomor kontaknya tidak aktif pada saat dihubungi. Ternyata pelaku sudah berada di Jakarta," kata dia lagi.

Satu hari setelah menculik bayi laki-laki itu, Kamis (17/08/2017), tambah Mudji, Yl membawa anak itu menuju Pelabuhan Batu Ampar. Tujuannya ke Jakarta menggunakan KM Kelud.

Jumat (18/08/2017)-nya, Yl tiba di Jakarta dan menginap di salah satu hotel di Tanjungperiuk. Besoknya Sabtu (19/08/2017), pelaku tiba di kampungnya, Jonggol, Wilayah Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Editor: Udin