Komandan Abu Sayyaf Tewas Ditembak Militer Filipina
Oleh : Redaksi
Minggu | 13-08-2017 | 18:00 WIB
abu_sayaf1.jpg
Kelompok Abu Sayyaf, Filipinan Selatan

BATAMTODAY.COM, Manila - Pasukan Filipina berhasil menembak mati salah satu pimpinan kelompok Abu Sayyaf yang hendak melakukan penculikan dan penyerangan pada sebuah kapal asing. Pimpinan Abu Sayyaf yang tewas itu diketahui bernama Badong Muktadil.

Diberitakan oleh Aljazeera, Minggu (13/8/2017), pasukan Filipina saat itu sedang berpatroli di perairan Pulau Jolo, 1.000 km dari Manila. Menurut Brigjen Cirilito, Kelompok Abu Sayyaf itu menggunakan kapal kayu saat melancarkan aksinya.

Badong Muktadil disebut hendak melakukan penculikan, pembunuhan, dan penyerangan terhadap kapal-kapal asing yang berada di sekitar perbatasan Malaysia.

Muktadil sebelumnya pernah melakukan penculikan terhadap 3 ABK dari kapal berbendera Vietnam pada bulan Februari lalu, dan membunuh 1 orang awak kapal.

Satu orang ABK MV Giang ai juga tewas saat terjadi pertempuran antara pengikutnya dan pasukan pemerintah Filipina pada Juli lalu. Hingga saat ini, diduga kelompok Abu Sayyaf masih menahan 20 sandera, termasuk 14 orang asing di Pulau Jolo.

Kelompok Abu Sayyaf telah mendeklarasikan diri sebagai bagian dari ISIS. Salah seorang pimpinan Abu Sayyaf, Isnilon Hapilon saat ini sedang berada di Kota Marawi dan sedang bertempur melawan pasukan pemerintah.

Sumber: Detik.com
Editor: Surya