Manfaat Teh Hijau, Salah satunya untuk Atasi Stress
Oleh : Redaksi
Minggu | 09-07-2017 | 14:00 WIB
TEH_HIJAU.jpg
Ilustrasi Teh Hijau

BATAMTODAY.COM - Ada berbagai macam jenis terapi, baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Untuk Anda yang sedang berada dalam tekanan, terapi hijau adalah salah satu solusi.

Terapi yang dikenal dengan eco-therapi ini mendekatkan seseorang dengan alam. Ketika Anda dikelilingi oleh alam, Anda cenderung merasa damai.

Saat ini, terapi hijau tak hanya dilakukan di alam bebas namun juga bisa di dalam ruangan. Berikut adalah beberapa manfaat dari terapi hijau bagi tubuh.

1. Beraktivitas

Terapi petualangan seperti panjat tebing, arung jeram, eksplorasi gua, dan trekking adalah kegiatan dasar yang umumnya dilakukan secara berkelompok dan dinikmati oleh para pelakunya untuk melepas stres.

2. Mengurangi ruminasi

Ruminasi adalah suatu kondisi di mana seseorang terus mengambil makanan tapi berulangkali pula memuntahkannya. Gangguan ini bisa membuat Anda terjebak stres.

Terapi hijau membantu mengurangi ruminasi. Ketika Anda menghabiskan waktu bersama teman-teman di alam, Anda akan merasa lebih baik.

3. Relaksasi

Terapi yang menawarkan aktivitas fisik membantu memberikan atmosfer relaksasi yang muncul saat proses kegiatan tersebut.

4. Mengurangi depresi

Banyak studi menunjukkan bahwa terapi hijau dapat mengurangi stres, rasa cemas, dan gejala depresi.

5. Bersosialisasi

Terapi yang biasanya dilakukan berkelompok ini dapat membantu Anda belajar bersosialisasi dan menemukan makna dari interaksi manusia saat melakukan tugas kelompok.

6. Keterikatan

Terapi yang ditemani hewan juga termasuk dalam terapi hijau. Menghabiskan waktu bersama hewan seperti anjing atau burung dapat membantu melawan depresi.

Editor: Surya