Telah Diresmikan Kris Wiluan 2016

BJ Habibie Resmikan Lagi RS Soedarsono Darmosoewito
Oleh : Hadli
Kamis | 27-04-2017 | 08:38 WIB
bjhabibiresmikanrs.jpg

Presiden RI ke-3 BJ Habibie saat mesmikan RS Soedarsono Darmosoewito Batam. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Rumah Sakit (RS) Soedarsono Darmosoewito yang berada di Kawasan Industri Terpadu Kabil kembali diresmikan untuk kedua kalinya. Kali ini, yang meresmikan adalah Presiden RI ketiga, BJ Habibi, Rabu (26/04/2017).

Padahal, RS ini telah diresmikan oleh Pembina Yayasan Citramas Kris Wiluan bersama Sri Soedarsono Ketua Perkumpulan Budi Kemuliaan Batam pada Minggu (5/6/2016) lalu. RS Soedarsono Darmosoewito dibangun untuk karyawan di Kawasan Industri Terpadu Kabil Batam.

BJ Habibie dalam sambutannya menceritakan awal mula Batam dibangun. Pada saat itu Ia masih berada di Jerman dipanggil presiden ke-2 Soeharto untuk membangun Batam yang berbatasan langsung dengan Singapura.

Alasan Soeharto memanggil dirinya kembali ke tanah air lantaran Singapura berkembang pesat. Namun ketika itu, konfrontasi yang berkembang Soeharto ingin agar Batam dibangun demi menjaga NKRI.

"Kalau ditanya siapa yang membangun Batam, yah negaralah yang membangunnya," ujarnya mengenang.

Turut hadir dalam kesempatan itu Kris Wiluan, Sri Soedarsono, Ilham Habibie, Kapolda Kepri Irjen Sam Budigusdian, Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad, Kapolresta Barelang, Dandim 0316 Batam, mantan Walikota Batam Ahmad Dahlan, serta beberapa tokoh lainnya.

Usai sambutan, Habibie menandatangani prasasti dan menyempatkan melihat isi rumah sakit dan beberapa pasien yang dirawat dalam bangsal rumah sakit. Selanjutnya Habibie melihat proyek Apartemen Pollux di Batam Center dan nonton bareng di Magamall.

Habibie dalam kunjungannya ke Batam hingga Sabtu (29/04/2017) juga akan melakukan kujungan seperti ke Gedung PMI Batam, Rumah Sakit Budi Kemuliyaan, Harbour Bay, BP Batam dan sebagainya termasuk Kinema milik anak Kris Wiluan. Selama itu pula, Habibie menginap di Turi Beat Hotel milik Kris Wiluan.

Diberitakan sebelumnya, dalam membantu program pemerintah di bidang kesehatan, khususnya di wilayah Nongsa dan sekitarnya, Yayasan Citramas mendirikan Rumah Sakit (RS) Soedarsono Darmo Soewito bertempat di Kawasan Industri Terpadu, Kabil, Minggu (5/6/2016).

Diresmikan oleh Kris Wiluan selaku Pembina Yayasan Citramas bersama Sri Soedarsono Ketua Perkumpulan Budi Kemuliaan Batam dihadiri oleh Walikota Batam Muhammad Rudi, SKPD Pemko Batam, MUI Batam, Ketua Umum REI, anggota DPRD Kepri.

Rumah sakit tersebut dibangun untuk melengkapi fasilitas di Kawasan Industri terpadu Kabil. Sehingga para karyawan kawasan Industri di Kabil dan sekitarnya dapat memanfaatkan fasilitas kesehatan juga bagi penduduk di wilayah Kecamatan Nongsa.

Rumah sakit tersebut merupakan peningkatan dari fasilitas Poliklinik Budi Kemuliaan yang sudah berdiri sejak tahun 1997. Yayasan Citramas dengan dana CSR grup Citramas dibawah pimpinan Pengusaha Kris Wiluan membangun rumah sakit dengan kapasitas 100 tempat tidur dan menjadi rumah sakit kelas C.

Editor: Dardani