Pemko Batam Bakal Bangun Pasar Tradisional di Tiban Kampung
Oleh : Roni Ginting
Selasa | 16-02-2016 | 17:10 WIB
rudi_sakyakirti.jpg
Rudi Sakyakirti, Plt Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Kota Batam .

BATAMTODAY.COM, Batam - Rudi Sakyakirti, Plt Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Kota Batam mengatakan, di Kelurahan Tiban Kampung tahun ini akan didirikan pasar tradisional permanen.

Proses pembangunan kini memasuki proses lelang setelah rancangan bangunan selesai dibuat tahun lalu. Anggaran yang dikucurkan sebesar Rp1,8 miliar yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Pembangunan pasar di Tiban Kampung dari dana DAK. Tahun lalu turunnya lambat, jadi diundur tahun ini," kata Rudi, Selasa (16/2/2016).

Ia menjelaskan, dana dari pusat baru bisa dicairkan pada Mei 2015. Sehingga untuk memasukkan di APBD murni tahun berjalan waktunya singkat untuk melakukan pembangunan fisik begitu juga saat masukan di APBD perubahan.  

"Tahun lalu kita hanya siapkan DED (Detail Engineering Design)nya. Kalau mau bangun, waktunya mepet," katanya.  

Dalam DED-nya, pasar tersebut dibangun satu lantai tepat berada di tengah pemukiman warga setempat atau masih dalam satu kawasan pasar semi permanen yang ada saat ini.

Editor: Dodo