Siswa Diimbau Isi Liburan dengan Kegiatan Positif
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 30-12-2015 | 13:12 WIB
andi-agung-baru.jpg
Kepala Bidang (Kabid) Menengah Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Andi Agung

BATAMTODAY.COM, Batam - Meski libur sekolah telah tiba bukan berarti siswa harus bersantai-santai tanpa mengulang mata pelajaran di rumah. Para siswa diminta mengisi dengan kegiatan positif selama liburan semester.

Kepala Bidang (Kabid) Menengah Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Andi Agung mengungkapkan libur sekolah tingkat TK,SD, SMP dan SMA sederajat untuk sekolah negeri sejak Senin 21 Desember hingga 3 Januari 2016. Diharapkan selama libur siswa mengulang kembali pelajaran yang sudah diajarkan guru di sekolah.

"Sebab bulan April 2016, mereka kelas 6,9 dan 12 melaksanakan Ujian Nasional. Sehingga hari libur semester para siswa melakukan proses belajar di rumah," kat Andi kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (30/12/2015).

Tidak hanya mengingatkan kepada murid, Andi juga meminta orang tua untuk mengawasi anak-anak agar tidak keluyuran sepanjang libur sekolah. Selama liburan, juga diharapkan kepada orang tua agar membimbing anaknya dengan melakukan kegiatan positif.

"Jangan sampai saat liburan itu, siswa kebanyakan berada di luar rumah seperti jalan-jalan, nongkrong hingga larut malam, ataupun bermain game online. Jadi ini merupakan tugas orang tua untuk mengawasi anak, supaya libur dapat digunakan dengan baik," tuturnya.

Saat ini, Disdik masih menunggu semua sekolah untuk memberikan data peserta UN sampai batas waktu 31 Desember. Nantinya Disdik akan melakukan verifikasi data siswa selama mengikuti proses belajar di sekolah. 

Apabila calon siswa yang dilakukan verifikasi data memenuhi syarat dan ketentuan sebegai peserta UN, Disdik akan menerbitkan nominasi sementara. Selanjutnya Disdik Batam akan mengirimkan data nominasi sementara kepada Disdik Provinsi Kepri.

"Nantinya Disdik Kepri yang akan melakukan penetapan daftar nominasi tetapnya. Syaratnya semua ada di pos UN. Saat ini sudah hampir 85 persen sekolah memberikan data calon peserta UN," pungkasnya.

Editor: Dodo