Bocah Pencuri Burung Ini Digelandang Warga ke Mapolsek Sagulung
Oleh : Harun al Rasyid
Selasa | 29-12-2015 | 19:04 WIB
IMG01750-20151229-1428.jpg
IW saat diperiksa di Polsek Sagulung (Foto : Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bocah umur 15 tahun berinisial IW, warga Kavling Abadi Jaya Sagulung, digelandang warga ke Mapolsek Sagulung, Selasa (29/12/2015). Bocah berstatus siswa di sekolah Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kecamatan Sagulung ini, ditangkap warga Kavling Seilekop, Kecamatan Sagulung, ketika kepergok mencuri burung merpati milik Sariyatno.


Awalnya, IW merencanakan pencurian burung tersebut bersama A, R, J dan O yang merupakan teman sepermainannya pada Senin (28/12/2015) kemarin. Rencananya, mereka akan beraksi sekitar pukul 04.00 WIB dini hari, dengan membagi tugas masing-masing.

"Saya disuruh bangunin mereka. Nanti J dan O yang nyuri burung itu. Tapi A dan R tidak jadi ikut," kata IW mengawali kisahnya.

Walaupun kekurangan personel, ketiga bocah ini nekat melangsungkan aksinya. IW saat itu bertugas menunggu di rumah kosong yang letaknya tak jauh dari lokasi pencurian. Sedangkan J dan O mengendap-ngendap ke rumah korban dan mencuri burung tersebut.

Setelah berhasil mendapatkan barang curiannya, kedua bocah ini kembali ke tempat IW bersembunyi. Namun tanpa disadari, langkah mereka diikuti oleh beberapa warga.

Malangnya, J dan O lari terbirit-birit meninggalkan IW sendirian, ketika warga menggerebek mereka. Tanpa basa-basi, akhirnya IW digiring ke Mapolsek Sagulung.

"Burung itu buat dipelihara saja bang," ujar IW di kantor Polisi Sagulung kepada BATAMTODAY.COM.

Di tempat yang sama, Kanit Reskrim Polsek Sagulung, Ipda Iwan Nopriawan membenarkan laporan tersebut. Ia meyayangkan aksi pencurian yang dilakukan anak di bawah umur tersebut. Ia juga menghimbau agar orang tua dapat lebih mengontrol dan menjaga anaknya, terutama di malam hari.

"Sangat disayangkan anak-anak sekolah tidak memanfaatkan liburannya dengan kegiatan positif. Kita juga berharap orangtua menjaga dan mengontrol anaknya," ujar Iwan.


Hingga berita ini diunggah, IW masih menjalani pemeriksaan di Polsek Sagulung. Namun, burung yang sempat dicuri sudah dikembalikan kepada pemiliknya. Belum diketahui apakah IW akan ditahan atau dikembalikan kepada orang tuanya untuk mendapatkan pembinaan. 

Editor : Udin