Penambahan 40 Ribu Meter Persegi Apron Bandara Internasional Hang Nadim Batam Tahun 2016,

Apron Bandara Internasional Hang Nadim Batam Tampung Hingga 30 Pesawat
Oleh : Hadli
Senin | 28-12-2015 | 16:25 WIB
apron.jpg
Tahun 2016 mendatang, apron Bandara Internasional Hang Nadim Batam diperluas sehingga mampu menampung 30 Pesawat (foto Ist) 

BATAMTODAY.COM, Batam - Penambahan tempat parkir pesawat (apron) Bandara Internasional Hang Nadim Batam seluas 40 ribu meter persegi pada 2015, gagal dilaksanakan. Kendati demikian, lelang dan pelaksanaan pembangunan apron tersebut akan dilakukan pada tahun 2016 mendatang. Sehingga daya tampung yang selama ini hanya 22 pesawat saja, akan bertambah hingga mencapai 30 pesawat jenis Boing 737 atau Airbus A320.

"Berdasarkan kondisi dan situasi Bandara Internasional Hang Nadim Batam saat ini, luas lapangan parkir pesawat sudah tidak memadai. Hal itu dikarenakan pada jam tertentu pesawat harus mengantri masuk ke apron, menungu pesawat lain terbang," ungkap Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso kepada BATAMTODAY.COM, Senin (28/12/2015).

Dijelaskan, sekitar pukul 13.00 WIB keatas, jadwal sudah mulai padat. Bahkan terkadang, hingga empat sampai lima pesawat mengantri, menunggu pesawat lain keluar (terbang-red). Barulah pesawat bisa masuk untuk menurunkan dan menaikkan penumpang.

Untuk itu, perluasan apron ini sangat mendesak guna menunjang operasional Bandara Internasional Hang Nadim Batam. "Selain sistem penerbangan terganggu, pesawat juga mengalami pemborosan bahan bakar. Sebab  saat mengantri untuk masuk ke apron, mesin pesawat masih hidup," tuturnya.

Saat ini, daya tampung pesawat di apron Bandara Internasional Hang Nadim Batam sekitar 22 pesawat. Namun dengan perluasan apron pada 2016 ini, dapat menampung hingga mencapai 30 pesawat dengan rata-rata jenis Boing 737 atau Airbus A320.
 
"Selain perluasan apron pada 2016 mendatang, fasilits lainnya juga direnovasi guna menunjang pelayanan pada penggunaan bandara yang lebih baik lagi, seperti penggantian pendingin udara dengan yang baru, renovasi terminal kedatangan serta  parkir kenderaan," tandasnya.

Editor: Udin