Humas BP Batam Bantah Bosnya Saksikan 'Deportasi Senyap'
Oleh : Redaksi
Sabtu | 26-12-2015 | 19:19 WIB
Purnomo-Andiantono.jpg
Humas BP Batam, Purnomo Andriantono. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - BP Batam membantah keberadaan orang nomor satu di instansi itu, Mustofa Widjaja, saat proses deportasi 'senyap' terhadap seorang pria asal Timur Tengah melalui Bandara Hang Nadim pada Sabtu (19/12/2015) pekan lalu.

"Saat peristiwa itu Pak Mustofa tidak sedang berada di Batam," kata Direktur Humas dan Promosi BP Batam, Purnomo Andiantono, Sabtu (26/12/2015) sore.

Pernyataan Purnomo ini sekaligus merupakan klarifikasi atas pemberitaan sebelumnya, yang menyebutkan keberadaan Mustofa saat proses deportasi itu berlangsung.

Sebelumnya, pesawat milik Uni Emirat Arab yang dicarter pemerintah Indonesia untuk mendeportasi seorang pria berjenggot, diduga warga negara Suriah atau Uni Emirat Arab. Dia ditangkap terkait dengan pemalsuan dokumen kependudukan Indonesia. 

Kapolres Barelang Batam, Kombes Asep Safrudin mengakui, pihaknya telah menangkap pria warga negara asing tersebut. Namun, pihaknya tidak mengetahui kalau pria itu terkait dengan jaringan radikal. "Sudah kita proses dan berkasnya sudah diserahkan ke Kejaksaan Negeri Batam," ungkap Kombes Asep Safrudin menjawab BATAMTODAY.COM, Sabtu (26/12/2015) siang.

Namun dalam prosesnya, kata Asep, masih ada berkas yang harus dipenuhi kepolisian, sehingga penindakan terhadap pria tersebut dilanjutkan oleh pihak Imigrasi Batam. "Ada prosedur yang harus kita penuhi, dan yang bersangkutan juga tersandung pelanggaran UU Keimigrasian, prosesnya dilimpahkan ke Imigrasi," lanjutnya.

Editor: Dardani