Inilah Operasi Senyap Deportasi Pria Berjenggot dari Hang Nadim Batam
Oleh : Hadli dan Romi Candra
Sabtu | 26-12-2015 | 14:23 WIB
Bandara-Hang-Nadim-Batam.jpg
Bandar Hang Nadim Batam. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebuah pesawat bersayap sedang, mendarat mulus di landasan pacu Bandara Hang Nadim Batam, Sabtu (19/12/2015) pukul 02.00 WIB. Ini bukan pendaratan pesawat reguler yang melayani penumpang dari Bandara Nang Nadim Batam. Apalagi, tidak ada jadwal pesawat yang landing atau take-off reguler di Hang Nadim Batam pada dini hari seperti itu. 

Ternyata, pesawat yang mendarat itu punya misi senyap. Inilah pesawat milik Uni Emirat Arab yang dicarter pemerintah Indonesia untuk mendeportasi seorang pria berjenggot, diduga warga negara Suriah atau Uni Emirat Arab. Dia ditangkap terkait dengan pemalsuan dokumen kependudukan Indonesia. 

Kapolres Barelang Batam, Kombes Asep Safrudin mengakui, pihaknya telah menangkap pria warga negara asing tersebut. Namun, pihaknya tidak mengetahui kalau pria itu terkait dengan jaringan radikal. "Sudah kita proses dan berkasnya sudah diserahkan ke Kejaksaan Negeri Batam," ungkap Kombes Asep Safrudin menjawab BATAMTODAY.COM, Sabtu (26/12/2015) siang.

Namun dalam prosesnya, kata Asep, masih ada berkas yang harus dipenuhi kepolisian, sehingga penindakan terhadap pria tersebut dilanjutkan oleh pihak Imigrasi Batam. "Ada prosedur yang harus kita penuhi, dan yang bersangkutan juga tersandung pelanggaran UU Keimigrasian, prosesnya dilimpahkan ke Imigrasi," lanjutnya.

Pria misterius itu sesungguhnya telah lama tinggal di Indonesia, khususnya Batam. Bahkan, pria itu mengantongi identitas sebagai warga negara Indonesia yang berdomisili di Batam. Sebelum dibawa ke Bandara Hang Nadim, pria itu dibawa ke Polresta Barelang terlebih dulu, guna dimintai keterangannya. 

Setelah dilakukan pemeriksaan keimigrasian, akhirnya pria yang namanya masih dirahasiakan itu pun dideportasi secara senyap, Sabtu (19/12/2015) pukul 02.00 WIB. Sayangnya, Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso kali ini benar-benar mengunci rapat mulutnya. 

Tidak seperti biasanya, ketika BATAMTODAY.COM, mengkonfirmasi segala sesuatu terkait dengan Bandara Hang Nadim Batam, pria yang murah senyum itu selalu merespon positif. Tapi kali ini tidak. 

Entah kebetulan, tapi pada saat proses deportasi itu berlangsung disebut hadir Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Mustofa Widjaya, mantan Kepala BIN Kepri Laksmana Pertama (Laksma) Basuki dan beberapa pejabat lain dari Polda Kepri, Polresta Barelang dan Kantor Imigrasi Batam. Entahlah. Tapi begitulah, deportasi senyap itu pun berlangsung mulus. 

Editor: Dardani