BP Batam Ikuti Pameran Dagang dan Forum Bisnis Ekonomi di Vietnam
Oleh : Roni Ginting/Rilis
Kamis | 10-12-2015 | 17:45 WIB
ittf-hanoi.jpg
Delegasi BP Batam saat mengikuti Pameran Terpadu Trade, Tourism and Investment (TTI) 2015 di Hanoi Vietnam. (Foto: Humas BP Batam)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam menghadiri Pameran Terpadu Trade, Tourism and Investment (TTI) 2015 yang berlangsung pada tanggal 10 s.d 12 Desember 2015 bertempat di International Centre For Exebition (ICE) Hanoi, Vietnam. 

Program TTI dilaksanakan dalam bentuk Penyelenggaraan Indonesia Trade Fairs 2015 (ITF) dan forum business and trade Indonesia pada tanggal 11 Desember 2015. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI)sebagai upaya untuk memperluas pasar produk-produk Indonesia dipasar Vietnam yang berkembang pesat dan memperluas interaksi antara pengusaha Indonesia dan Vietnam.

Pameran Terpadu Trade, Tourism and Investment (TTI) 2015 dibuka oleh Wakil Menteri Industri dan Perdagangan Vietnam, Mr. Do Thang Hai dan diikuti seratus lebih perusahaan dari Indonesia yang menampilkan produk-produknya dalam pameran produk Indonesia yang diselenggarakan di ICE Hanoi.

Produk Indonesia yang akan ditampilkan beragam, mulai dari produk makanan dan minuman sampai produk otomotif dan suku cadang, mesin, minyak dan batubara, peralatan elektronik dan rumah, konstruksi dan konsultan, farmasi dan peralatan medis, serta produk kimia.

Direktur Pemasaran dan Humas BP Batam, Purnomo Andiantono mengatakan, pameran TTI tersebut merupakan pameran besar yang pertama kali diadakan di Hanoi. Pameran ini merupakan juga sebagai upaya Perwakilan RI untuk meningkatkan pemahaman dunia usaha terhadap perkembangan terkini Vietnam.

"Kita akan memanfaatkan peluang-peluang yang ada serta memperluas kehadiran ekonomi Vietnam khususnya Batam," kata Andiantono.

Disamping itu, kegiatan ini sebagai upaya untuk mencapai target perdagangan 10 miliar dolar AS pada 2018. Nilai perdagangan kedua negara pada 2014 telah mencapai 5,6 milyar dolar AS. Di bidang investasi, saat ini lebih dari 25 perusahaan Indonesia telah beroperasi di Vietnam.

Sementara itu, Forum Bisnis Indonesia-Vietnam yang akan diselenggarakan pada 11 Desember 2015 menyediakan forum bagi komunitas bisnis Vietnam dan Indonesia bertemu dan mencari peluang bisnis serta mengeksplorasi kerja sama menguntungkan kedua belah pihak. 

Forum bisnis tersebut akan dihadiri oleh pejabat tinggi Indonesia dan Vietnam yang terkait dengan perdagangan dan investasi serta pengusaha terkemuka Indonesia dan Vietnam.

Diharapkan kegiatan ini memberikan wawasan baru bagi para pengusaha dan pembuat kebijakan di Vietnam tentang perkembangan terkini dimasing-masing negara dibidang ekonomi, perdagangan, dan investasi, khususnya Batam sebagai kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas.

Editor: Dodo