Mufida Kalla Dijadwalkan Pimpin Penanaman 26 Ribu Batang Mangrove di Batam
Oleh : Hadli
Kamis | 10-12-2015 | 17:28 WIB
mangrove-pertamina.jpg
Kepala Badan Pertanahan Nasional Batam, Iria Darmaja (kanan ketiga) saat menerima 20 ribu bibit Mangrove sebagai simbolis dari Dedy Surpiyadi, perwakilan Pertamina Wilayah Kepri (pertama dari kiri) di Kampung Tua Teluk Lengung. (FotoL Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam -  Penyelengaraan Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember 2015 mendatang akan dipusatkan secara nasional di Kampung Tua Teluk Lengung, Kecamatan Nongsa, Kota Batam oleh Ikatan Karyawan dan Karyawati (Ikawati) Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR/Badan Pertanahan Nasional).

Kepala Badan Pertanahan Nasional Batam, Iria Darmaja mengatakan, kegiatan dalam menyambut Hari Ibu nanti akan dilakukan penanaman pohon mangrove sebanyak 26 ribu batang pada 17 Desember mendatang. 

"Ikawati ingin berperan dalam penanaman mangrove. Karena mangrove sangat banyak manfaatnya,"  kata dia usai menerima 20 ribu bibit mangrove dari Pertamina wilayah Kepri, secara simbolis di Teluk Lengung Batam, Kamis (10/12/2015). 

Selain PT Pertamina yang mendukung program tanam mangrove, kegiatan ini juga dukung dari pihak BP Batam, dan Koperasi Sang Ibu yang menyerahkan bantuan sebanyak 6.000 bibit mabrove. 

"Rencananya acara akan dihadiri Ibu Wakil Presiden RI Mufida Kalla, Hanifah Mursyidan Baldan, serta sejumlah istri menteri Kabinet Kerja dan 7 menteri wanita," kata dia.

Dia mengtakan, pada era sekarang wanita dapat melakukan hal yang sifatnya sosial. Termasuk dalam  penanaman mangrove untuk mengembalikan fungsi pantai yang sudah banyak rusak. 

"Ini menjadi perhatian dari Ikawati yang ingin mengembalikan fungsi pantai untuk memperbaiki ekosistem. Kami tidak hanya menanam saja, namun akan bentuk kelompok tani wanita. Ada program lanjutan pembinaan masyarakat tempatan untuk memelihara mangrove," kata dia.
  
Dedy Surpiyadi, perwakilan Pertamina  mengatakan, bibit didatangkan dari Teluk Naga Tangerang melalui budidaya yang dibina Pertamina bersama masyarakat sekitar. 

"Kami mewakili Pertamina pusat karena tidak bisa hadir. Ini merupakan bentuk kepedulian dari Pertamina terhadap kelestarian lingkungan. Ekosistem perlu dilestarikan untuk kehidupan kedepan," kata dia.

Selain bercocok tnam mngorove acara juga dirangkai dengan kegiatan sosial pengobatan gratis, pameran UKM dari Batam di Bumi Perkemahan Batam tidak jauh dari lokasi penanaman mangrove, juga akan dimeriahkan dengan penampilan personel J-Rock.‎

Editor: Dodo