Catat, Inilah 'Seribu Janji' Calon Wali Kota Batam
Oleh : Ahmad Rohmadi
Sabtu | 21-11-2015 | 15:12 WIB
IMG_20151120_221855_1448067404024.jpg
Moderator dan kedua pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Batam, Ramah dan Rialis, saat debat publik. (Foto: Ahmad Rohmadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Moderator debat publik calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam, Mohammad Gita Indrawan, memberikan pertanyaan yang berbeda terkait permasalahan mendasar di Kota Batam kepada dua pasangan calon.


Pertanyaan yang dirangkum dalam segmen ketiga itu, masing-masing calon diberikan waktu dua menit untuk menjawab satu pertanyaan dari moderator. Berikut ini adalah jawabatan dan pertanyaan dari kedua pasangan tersebut : 

Pasangan nomor urut 1 Rudi-Amsakar (Ramah), jika terpilih menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam

Moderator: Bagaimana menjaga stabilitas dan kepastian hukum serta memberikan rasa keadilan bagi pekerja dan investor?

Ramah: Ke depan koordinasi antara pekerja dan pengusaha akan dibangun lebih baik lagi. Demo terjadi karena buruh yang merasa kebutuhannya belum tercukupi. Karena itu, ke depan akan meningkatkan kesejahteraan buruh tanpa meninggalkan hak dari pengusaha atau investor.

Moderator: Program apa untuk menuntaskan kemiskinan di Batam, baik mainland maupun hinterland?

Ramah : Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah orang miskin di Batam mencapai 36.103 jiwa atau naik hampir 200 persen. Menurut pasangan ini, hal itu terjadi karena jumlah pendatang di Batam yang terus meningkat. Untuk menuntaskan itu semuanya ke depan program yang akan dijalankan adalah akan memberikan bantuan dan mengembangkan terhadap usaha kecil menengah. Langkah lainnya, ke depan orang yang masuk ke Batam juga akan diseleksi, dan hanya yang mempunyai keahlian yang bisa masuk ke Batam sehingga angka orang miskin tidak bertambah.

Moderator: Bagaimana cara menaggulangi pergaulan bebas dan peredaran narkoba bagi generasi?

Ramah : Akan memfokuskan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia seperti memberikan pelatihan dan semangat kebangsaan terhadap anak didik disekolah. Dan menambah pembelajaran muatan lokal dan kebudayaan.

Moderator: Jumlah angka pengangguran yang makin meningkat, langkah apa untuk mengurangi jumlah pengangguran tersebut?

Ramah: Memberikan kepastian hukum terkait investasi, dan akan menumbuh kembangkannya. Selain itu juga akan memberikan pelatihan kepada tenaga kerja agar mempunyai keahlian di bidang tertentu.

Moderator: Bagaimana solusi ketersediaan air bersih dan listrik di Batam terutama masyarakat di hinterland?

Ramah: Sangat setuju jika Pemerintah Kota Batam ikut dilibatkan mencari solusi tentang ketersedian air dan listrik, salah program adalah penambahan waduk air atau penyesuain waduk yang sudah ada dengan jumlah penduduk. Sedangkan listrik salah satunya adalah koordinasi dengan Provinsi salah satu diantaranya adalah mendukung interkoneksi listrik untuk di pulau.

Moderator: Bagaimana menjaga kelestarian lingkunga dan solusi persoalan sampah?

Ramah : Akan koordinasi dengan BP Batam untuk mencegah pengerusakan hutan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Sedangkan terkait sampah akan mengajukan kepada DPRD, agar sampah dapat di angkut oleh Pemko Batam sehingga akan di fungsikan tugas RT/RW.

Pasangan nomor urut 2, Ria-Sulistiyana (Rialis) jika menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam

Moderator: Kriminalitas tinggi, bagaimana bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga Batam?

Rialis: Dalam rangka mewujudkan rasa aman salah satunya adalah memberikan kesejahteraan kepada masyarakat dengan cara meningkatkan jumlah lapangan pekerjaan. Dengan Batam modern akan menunjukan fasilitas teknologi informasi dengan memanfaatkan teknologi seperti CCTv dan menyebar fiber optik diseluruh Batam, sehingga dengan mudah memantau kejahatan dan juga akan memaksimalkan siskampling hansip.

Moderator: Bagaiman mengatasi angka inflasi bahan pokok di Batam yang tinggi?

Rialis: Harus memanfaatkan kelebihan Batam yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Kedepan akan dibuat BUMD khusus menangani sembako dan akan di galakan koperasi yang dimiliki pekerja.

Moderator: Apa strategi untuk meningkatkan lulusan di Batam agar bisa bersaing dengan daerah lainnya. Termasuk juga kualitas guru di Batam?

Rialis: Untuk meingkatkan kualitas pendidikan yang paling penting adalah satandar kopetensi. Jika sekolah ditetapkan standar serta ada lembaga yang mereview kembali dari waktu kewaktu lulusan di Batam akan mampu bersaing dengan daerah lain.

Moderator: Angka kelahiran yang cukup tinggi, bagaimana mengendalikan pertumbuhan penduduk?

Rialis: Akan selalu melakukan razia identitas penduduk, sehingga bagi masyarakat yang tidak mempunyai identitas kembalikan kedaerah asalnya.

Moderator: Kendaraan di Batam terus meningkat bagaimana menyikapi dan mengendalikan jumlah kendaraan ini?

Rialis: Jumlah kendaraan meningkat karena pekerja di Batam masih mengandalkan kendaraan sendiri hal itu memang karena belum adanya transportasi umum yang memadai, kedepan akan membuat transportasi yang aman, cepat untuk bagi masyaraat.

Moderator: Akhir-akhir banyak media mengankat isu banyak rumah dan kios liar yang berdiri di area bufferzone, bagaimana menyelesaikan masalah ini?

Rialis: Akan berkoordinasi dengan BP Batam dengan itu  akan tau tatakota yang dibentuk, selain itu akan memperbanyak rumah susun yang dilengkapi sarana dan prasarana sehingga masyarakat yang nyaman dan mau tinggal di rusun tersebut.


Editor: Dardani