RS Santa Elisabeth Batam Kota Layani Pasien BPJS
Oleh : Ahmad Rohmadi
Rabu | 18-11-2015 | 10:35 WIB
peresmian-elisabeth.jpg
Penjabat Gubernur Kepri, Agung Mulyana saat membubuhkan tandatangan dalam prasasti sebagai tanda peresmian Rumah Sakit (RS) Santa Elisabeth Batam Kota.

BATAMTODAY.COM, Batam - Hadirnya Rumah Sakit (RS) Santa Elisabeth Batam Kota diharapkan mampu membantu masyarakat Batam untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang bermutu.

Manajemen RS Elisabeth, dr. Sahat Siahaan mengatakan bahwa RS yang terletak di samping Kantor Camat Batam Kota itu juga melayani pasien dari pengguna kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Rumah sakit yang baru diresmikan oleh Penjabat Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Agung Mulyana tersebut memiliki 148 tempat tidur pasien dan 144 orang paramedis dan non-medis.

"Tenaga dokter spesialis ada 12 orang, dokter umum 8 orang dan dokter gigi 1 orang," kata Sahat, Selasa (17/11/2015) kemarin.

Sedangkan fasilitas pelayanan kesehatan yang tersedia diantaranya mencakup pelayanan klinik umum, klinik penyakit dalam, klinik bedah, klinik kesehatan anak, klinik obstetri dan ginekologi, klinik penyakit syaraf, klinik mata, klinik paru, klinik gigi, medical check up, pelayanan gawat darurat dan trauma, ICU-NICU serta kamar operasi.

Kemudian untuk fasilitas pelayanan yang tersedia diantaranya adalah IGD 24 Jam, rawat jalan, rawat inap, bedah central, ICU, laboratorium klinik/patologi klinik, diagnostik, farmasi, nutrisi dan konsultasi gigi, ambulace 24 jam, mobil jenazah dan laundry.

"Untuk penunjang medis dan diagnostik teknologi adalah CTG dan ECG, X-Ray Convesional, USG 4 dimensi dan CT scan 128 slices," katanya.

Rumah Sakit Santa Elisabeth Batam Kota merupakan cabang kedua dimana RS pusatnya beralamat di Lubuk Baja yang sudah beroperasi sejak tahun 2001 dan cabang pertamanya di Sei Lekop sejak tahun 2011.

Ketua Yayasan Rumah Sakit Elisabeth John Kennedy mengatakan sengaja pihaknya membuka cabang RS di Batam Kota karena menurutnya masih belum ada di daerah tersebut.

"Biar dekat untuk dijangkau masyarakat khususnya bagi warga Batam Kota," kata dia.

Editor: Dodo