Pemko Batam Tingkatkan Pengawasan Pencari Suaka
Oleh : Ahmad Rohmadi
Rabu | 18-11-2015 | 10:15 WIB
dahlan_ganteng.....jpg
Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Kota (Pemko) Batam bersama Imigrasi terus mengawasi pergerakan para pencari suaka asal negara timur tengah yang masuk ke Batam.


Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan bahwa semua instansi Pemerintah dari tingkat RT, RW, lurah, camat dan aparat keamanan dilibatkan untuk mengawasi pergerakan pencari suaka tersebut.

"Mereka kita awasi terus. Boleh keluar kalau mau sholat Jumat saja, karena kan mereka mayoritas Islam dan itu kan memang sholat wajib," kata Dahlan, Selasa (17/11/2015).

Dahlan juga menyampaikan bahwa sudah memerintahkan seluruh instansi untuk melakukan pengawasan semaksimal mungkin agar Batam tetap aman dan tidak terjadi masalah dengan kedatangan para pencari suaka.

Lebih lanjut ia katakan sebenarnya bahwa pencari suaka tersebut merupakan urusan luar negeri dan tidak bisa diotonomikan, namun sebagai Kepala Daerah ia katakan wajib menjaga masyarakatnya.

Dahlan juga mengaku tidak terlalu khawatir ada diantara para pencari suaka yang saat ini ditampung di Hotel Kolekta Nagoya tersebut, merupakan bagian dari kelompok aliran radikal ISIS. 

"Yang datang ini adalah korban ketidakadilan di negaranya, diantaranya mungkin karena faktor (kekejaman, red) dari ISIS juga," katanya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Kepulauan Riau Agung Mulyana menyampaikan terkait ISIS ia memilih untuk menyerahkan sepenuhnya kepada Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT).

"Untuk ISIS silahkan tanya ke BNPT langsung aja, karena mereka yang ada datanya" ujarnya.

Editor: Dardani