Tragedi Haji di Mina

Jemaah Haji Embarkasi Batam yang Meninggal Berasal dari Pontianak
Oleh : Ahmad Rohmadi
Jum'at | 25-09-2015 | 12:55 WIB
tragedi_mina.jpg
Sumber foto: kabardunia.com.

BATAMTODAY.COM, Batam -  Saiyah Syahir Abdul Gafar (50), salah satu jemaah haji dari Indonesia yang meninggal dalam tragedi Mina ternyata berasal dari Kalimantan Barat (Kalbar) yang tergabung dalam embarkasi Batam.

Ketua PPIH Embarkasi Batam, Marwin Jamal mengatakan bahwa belum ada laporan jemaah haji asal Kepri yang meninggal terkait tragedi Mina.

"Alhamdulilah jemaah dari Kepri tidak ada yang jadi korban. Dari Embarkasi Batam memang ada satu yang meninggal yaitu jemaah dari Kalbar, bukan dari Kepri," kata Marwin, Jumat (25/9/2015).

Marwin menjelaskan bahwa Saiyah Syahir Abdul Gafar atau jemaah asal Kalimantan Barat berangkat melalui Embarkasi Batam pada kelompok terbang (Kloter) 14. Sedangkan jemaah Kepri sendiri kloter bergabung pada kloter 1 dan 15.

Ia juga menjelaskan Saiyah Syahir Abdul Gafar dengan identitas asal Kloter Batam (BTH) 14, maktab 1, nomor paspor A2708446 tersebut akan dimakamkan di tanah suci.

Di berita sebelumnya seorang jemaah haji asal Batam bernama Saiyah, dikonfirmasi menjadi satu dari 3 warga negara Indonesia yang meninggal dalam tragedi Mina, Kamis (24/9/2015).


Demikian ungkap Wakil Dubes RI di Riyadh, Sunarko melalui keterangan pers pukul 16.00 waktu Arab Saudi. “Sampai pukul 16:00 waktu Arab Saudi, dapat diidentifikasi 3 WNI jemaah haji meninggal akibat musibah Mina,” ujar Sunarko.

Para korban tersebut adalah Hamid Atuwi, laki-laki asal Surabaya, Saiyah perempuan asal Batam dan seorang jemaah laki laki yang belum diketahui namanya, karena tidak ada gelang identitas di tangan.

Namun diketahui pria tersebut berasal dari Probolinggo, Safari Travel. Identitas korban tersebut sedang di cek lebih lanjut di data haji. “Sementara itu, 1 orang korban lagi dalam kondisi serius dan saat ini dirawat di RS Annur Mekkah," imbuh Sunarko.

Laporan ini disampaikan Sunarko setelah bersama Menteri Agama Lukman Saifuddin Hakim dan Dirjen Haji mengunjungi RS Al Jisr Mina.

Editor: Dodo