Dahlan Tolak Uji Coba Pencabutan Subsidi Elpiji 3 Kg di Kota Batam
Oleh : Ahmad Rohmadi
Selasa | 18-08-2015 | 11:28 WIB
gas_3_kilo.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Penolakan rencana Kementerian ESDM yang akan menjadikan Kota Batam sebagai pilot project penghapusan subsidi gas elpiji 3 kilogram tidak hanya disuarakan oleh pemilik pangkalan gas di Batam.

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan dengan tegas juga menolak rencana tersebut, karena menurutnya penghapusan subsidi dan diganti dengan pemberian dana tunai akan banyak menuai masalah di kalangan masyarakat.

"Bukan tidak mau menjalankan perintah pemerintah pusat, tapi saya menolak pilot project itu," kata Dahlan, Selasa (18/8/2015).

Ia katakan juga bahwa pihaknya sudah menyampaikan kepada dinas terkait bahwa Batam menolak terkait pilot project subsidi gas elpiji 3 kg yang direncanakan oleh pemerintah pusat.

Dahlan menjelaskan jika itu benar diberlakukan maka akan membuat Batam menjadi tidak produktif karena pasti akan terjadi penolakan di masyarakat. "Telat satu hari saja sudah ribut apalagi subsidi itu dicabut," ujarnya

Penduduk Batam yang mencapai 1,2 juta jiwa dan pertumbuhannya begitu besar menurutnya hal itu juga yang menjadi alasan pihaknya menolak itu.

Wali Kota Batam dua periode itu juga menyampaikan bahwa pemberian dana tunai akan menambah pekerjaan baru yang harus diselesaikan oleh pemerintah daerah.

"Pasti akan ribet, belum kita menyelesaikan gejolak akibat kenaikan itu ditambah masalah baru nanti pembagian dana tunai," jelasanya.

Editor: Dodo