BP Batam Evaluasi Pemanfaatan Lahan Bagi Galangan Kapal
Oleh : Nando Sirait
Rabu | 26-09-2018 | 14:04 WIB
lukita-lagi14.jpg
Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam akan melakukan evaluasi terhadap pemanfaatan lahan-lahan peruntukan galangan kapal yang kini kondisinya tak produktif lagi. Tidak lain tujuannya untuk meningkatkan investasi di Batam. Lahan itu rencananya akan ditawarkan kepada investor baru.

Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo menyatakan usaha galangan kapal sempat menjadi tulang punggung dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Batam. Namun lantaran kondisi galangan kapal yang lesu beberapa tahun terakhir ini, banyak lahan yang akhirnya tak terpakai.

"Kita konsen ke lahan-lahan yang disewa untuk galangan kapal, tapi kemudian tidak beroperasi lagi. Apalagi yang belum pernah dibangun sama sekali. Kita akan bertahap melakukan evaluasi," ujarnya.

Lukita menambahkan, belum mendapat data terbaru berapa jumlah perusahaan galangan kapal di Batam. Begitu juga dengan data perusahaan yang masih eksis.

Bersama Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), dan pihak terkait, akan melakukan pendataan jumlah perusahaan galangan kapal di Kota Batam.

Sebelumnya, Lukita mengatakan, untuk meningkatkan investasi di Batam bukanlah hal mudah. Banyak hambatan di lapangan. Terutama berkaitan dengan masalah lahan. Mengingat saat ini ketersediaan lahan yang belum dialokasikan BP Batam kepada pihak lain, sangat terbatas.

Dari informasi, tahun lalu lebih kurang ada 110 perusahaan galangan kapal di Batam. Total luas lahan yang ditempati mereka mencapai 10.200 hektare. Namun karena kondisi galangan kapal yang lesu, banyak lahan yang akhirnya tak terpakai lagi.

Editor: Yudha