Rasakan Kelezatan Cake Pandan Gula Aren Ala @ohsweetcake
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 25-09-2018 | 13:16 WIB
rita-cake-pandan1.jpg
Rita menunjukkan cake pandan buatannya. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Cake pandan gula aren memiliki tekstur yang sangat lembut dan empuk. Apalagi aroma pandanya sangat menggugah selera.

Pandan yang gurih sesuai dengan gula jawa cair yang gurih dan manis pula. Pandan gula jawa akan menghasilkan warna alami dari daun pandannya. Walaupun ada beberapa teknik yang harus dilakukan, tidak se instan saat menggunakan pasta pandan.

"Kalau pakai daun pandan tentu lebih wangi, alami dan enak juga. Jadi daun pandan dijadikan seperti jus, disaring, didiamkan, ambil bagian bawahnya saja," kata Rita, pemilik akun instagram @ohsweetcake.

Selain perlu diperhatikan pandan yang digunakan untuk warna dan gurihnya. Gula jawa pada cake juga harus diperhatikan, agar rasanya lebih gurih dan terasa manis, maka pilih gula aren yang berwarna hitam pekat.

"Lelehan gula arennya di bagian atasnya di atas cream, trus bisa kita kasih dengan bola cokelat dan potongan daun pandan supaya wangi dan warnanya juga menarik," ujarnya.

Pandan gula jawa mempunyai tekstur yang padat tetapi lembut. Agar terasa tidak terlalu manis, maka dasar bolu pandan dikurangi gulanya, karena adanya gula jawa di bagian topping akan membuat cake ini terasa gurih dan manis.

"Pada saat panggang harus panas sesuai suhu. Pengocokan harus benar dan saat masukan butter ke adonan harus rata karna jika tidak rata maka ada bagian yg tidak terkena butter ada yg tidak, ada bagian yang terlalu basah ada yang tidak. Kalau mau gurih dan wangi menggunakan butter," pungkasnya.

Editor: Yudha