Perubahan Syarat Beasiswa ATB 2018, Asah Kreativitas Membuat Video Pendek
Oleh : Redaksi
Senin | 20-08-2018 | 13:16 WIB
beasiswa-atb-yes.jpg
Program Beasiswa ATB Peduli Pendidikan, wujud kepedulian ATB terhadap dunia pendidikan di Batam. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Banyak program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah maupun swasta untuk pelajar dan mahasiswa di Indonesia. Namun tidak banyak perusahaan swasta lokal yang memberikan bantuan beasiswa bagi pelajar maupun mahasiswa asal daerah atau tempatan seperti contohnya di pulau Batam.

PT Adhya Tirta Batam (ATB) merupakan perusahaan air terpercaya di Indonesia yang sangat concern memperhatikan dan memberi kontribusi bagi dunia pendidikan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan secara kontinyu menggelar program Beasiswa ATB Peduli Pendidikan. Program beasiswa ATB ini merupakan rangkaian beasiswa senilai 200 juta selama satu tahun yang dapat diikuti oleh pelajar SMA atau SMK, termasuk mahasiswa perguruan tinggi yang ada di Batam.

"Beasiswa ATB Peduli Pendidikan ini akan diberikan kepada 34 orang penerima beasiswa yang telah melalui serangkaian prosedur seleksi. Jadi nanti akan ada 24 penerima beasiswa kategori pelajar dan 10 penerima dari kategori mahasiswa," jelas Maria Jacobus, Head of Corporate Secretary ATB pada Kamis (16/8/2018) di Kantor Pelayanan Pelanggan ATB Sukajadi.

Bernaung di bagian CSR Corporate Secretary ATB, tahun ini persyaratan beasiswa ATB Peduli Pendidikan mengalami perubahan. Para pemohon beasiswa tidak perlu lagi melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) karena ATB ingin membuka kesempatan yang luas bagi pelajar dan mahasiswa berprestasi di kota Batam agar dapat mengikuti program ini.

Selain itu, ATB juga akan menguji kreativitas pemohon program beasiswa melalui persyaratan wajib melampirkan file video pendek berdurasi maksimal satu menit mengenai profil pemohon beasiswa, alasan mengikuti program beasiswa ATB dan tanggapannya mengenai program beasiswa ATB Peduli Pendidikan. Pemohon beasiswa dibebaskan untuk berkreasi membuat video profil dengan memperhatikan ketentuan yang ada.

"ATB ingin mengasah kemampuan pelajar dan mahasiswa berprestasi dalam membuat sebuah video pendek berdurasi satu menit. Hal ini juga sebagai bentuk kepedulian ATB terhadap isu maupun tren yang saat ini ada di kalangan anak muda. Kita ingin mengarahkan kreativitas mereka ke hal-hal yang positif." papar Maria saat dikonfirmasi mengenai penambahan syarat membuat video pendek untuk pengajuan beasiswa ATB.

Video pendek dari pemohon yang lolos sebagai penerima beasiswa, nantinya akan diunggah ke official social media ATB seperti Facebook, Instagram dan Youtube serta akan diputar di layar informasi seluruh Kantor Pelayanan Pelanggan ATB yang tersebar di kota Batam sebagai bentuk apresiasi atas kreativitas yang telah dituangkan.

Setelah melewati proses seleksi administratif, pemohon beasiswa yang lolos akan diinfokan untuk jadwal wawancara dengan manajemen ATB. Proses wawancara ini bertujuan untuk melihat kemampuan, keterampilan dan sikap calon penerima beasiswa sehingga beasiswa yang diberikan tepat sasaran.

Pendaftaran dan pengajuan berkas dibuka tanggal 20 Agustus sampai dengan 17 September 2018 dan untuk formulir pendaftarannya bisa diunduh di official website ATB Batam. Penyerahan beasiswa akan dilakukan pada event Cerdas Cermat ATB tanggal 28 Oktober mendatang.

Berikut persyaratan lengkap program beasiswa ATB Peduli Pendidikan:

A. KATEGORI SMA/SMK
1. Pelajar SMA/Kejuruan yang berstatus negeri ataupun swasta (minimum akreditasi B) dan berlokasi di Pulau Batam.
2. Pelajar berprestasi sebagai juara umum di kelas 1 dan 2 pada Semester Genap untuk tahun ajaran 2017/2018.
3. Pelajar aktif dan tidak sedang terkena sanksi akademik.
4. Tidak dalam keadaan menerima beasiswa dari sumber lain

B. KATEGORI PERGURUAN TINGGI
1. Mahasiswa Perguruan Tinggi program Diploma 3 (D3) atau Strata 1 (S1) yang berstatus negeri maupun swasta dengan program studi minimum akreditasi B dan berlokasi di Pulau Batam.
2. Memiliki Indeks Prestasi (IP) minimal 3,75 pada Semester Genap.
3. KHS yang disertai yaitu Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018.
4. Mahasiswa aktif dan tidak sedang terkena sanksi akademik.
5. Tidak dalam keadaan menerima beasiswa dari sumber lain.

C. MEKANISME PENGAJUAN BEASISWA
1. Siswa (SMA/Kejuruan)/Mahasiswa (PT) mengisi formulir pendaftaran yang bisa diunduh di www.atbbatam.com
2. Melampirkan video pendek berdurasi maksimal satu menit yang berisikan:
a. Profil Pemohon Beasiswa
b. Alasan mengikuti beasiswa ATB Peduli Pendidikan
c. Tanggapan mengenai program beasiswa ATB Peduli Pendidikan
d. Menggunakan tagline “ATB Tak Terganti” di akhir video
3. Surat Keterangan Akreditasi Sekolah/Perguruan Tinggi (minimal akreditasi B)
4. Melampirkan Pas Foto warna ukuran 3x4 sebanyak 1 lembar
5. Melampirkan fotokopi Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa aktif.
6. Melampirkan fotokopi rapor lengkap/Kartu Hasil Studi TA 2017/2018 Semester Genap dilegalisir (stempel basah)
7. Melampirkan surat rekomendasi dari Kepala Sekolah/Perguruan Tinggi bahwa pemohon beasiswa sebagai siswa/mahasiswa berprestasi
8. Melampirkan surat keterangan dari Sekolah/Perguruan Tinggi yang bersangkutan bahwa pemohon beasiswa tidak dalam keadaan menerima beasiswa dari sumber lain

D. PENERIMA DAN PENOLAKAN BEASISWA
1. Keputusan persetujuan dan penolakan permohonan beasiswa menjadi hak PT Adhya Tirta Batam dan tidak dapat diganggu gugat
2. Apabila di kemudian hari dokumen/data yang diserahkan terbukti tidak sesuai dan/atau dipalsukan maka program beasiswa dibatalkan dan penerima wajib mengembalikan beasiswa yang telah diterima
3. Program beasiswa ini tidak berlaku untuk keluarga karyawan/ti PT Adhya Tirta Batam

Jadi, tunggu apalagi? Segera penuhi persyaratannya dan serahkan berkas ke Kantor Pelayanan Pelanggan ATB Sukajadi (Lantai 7 bagian CSR-Corporate Secretary ATB) atau untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Sdr Ronny Albarkah di 0811-691-0081. Selamat mencoba!

Editor: Yudha