Bupati Karimun Buka Festival Reog di Coastal Area
Oleh : Wandy
Sabtu | 18-08-2018 | 12:52 WIB
reog1.jpg
Festival Reog di Coastal Area Tanjungbalai Karimun. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Bupati Karimun Aunur Rafiq, membuka secara resmi festival reog yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Karimun digelar di Panggung Rakyat Putri Kemuning Coastal Area, Sabtu (18/8/2018) pagi.

Festival Reog tersebut diikuti oleh 3 peserta dari Pulau Karimun besar yakni Bukit Tiung, Jelutung dan Alur Jongkok. Dimana 2 peserta dari Tanjungbatu Kundur mengundurkan diri dikarena adanya kendala biaya transportasi untuk membawa anggota ke Karimun.

Dalam ini Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, pihaknya menginginkan festival reog ini tidak hanya di Karimun saja dia menginginkan event tersebut bisa lebih besar.

"Mengingat anggaran yang terbatas sehingga Dinas Pariwisata hanya mampu melaksanakan di lokal saja. Namun kita berupaya untuk ketingkat nasional, sebab bisa menunjang Kepariwisataan di tempat kita," kata Rafiq Sabtu pagi.

Kata Rafiq lagi, Reog ini bukan satu-satunya icon di Karimun sebab di daerah lain juga ada. Maka pihaknya mencoba ditahun ketiga nanti festival reog ini bisa sampai ketingkat nasional.

"Pelaksanaan ini sudah berjalan 2 tahun dan kita hanya mampu bersifat lokal karena memang anggaran kita yang terbatas," ungkap Rafiq.

Rafiq berharap, pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun dapat lebih jeli dalam menjemput bola, serta mampu melihat potensi yang ada di Karimun, sehingga dapat menunjang Pariwisata.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Karimun Zamri mengatakan, pihaknya akan berupaya agar event festival reog ini bisa ketingkat nasional.

"Tahun depan kita coba usulan, paling tidak setingkat Provinsi event reog ini. Kita bukanya tidak mau, namun dikarenakan keterbasan anggaran yang hanya Rp 100 juta maka peserta kita batasi untuk di Karimun saja," kata dia.

Kedepan pihaknya akan mencoba menggandeng Provinsi dan Kementerian Pariwisata untuk melaksanakan festival reog ketinggkat Nasional.

Kegiatan festival Reog yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Karimun untuk juara 1 mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp10 juta, juara 2 Rp7,5 juta, dan juara 3 Rp5 juta.

Editor: Yudha