Jelang Idul Adha, Pemko Tanjungpinang Kumpulkan 24 Ekor Sapi Kurban
Oleh : Habibi Khasim
Sabtu | 18-08-2018 | 09:52 WIB
sapi-kurbantpi11.jpg
Penyerahan hewan qurban oleh Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang Syahrul saat masih menjabat tahun 2017. (Foto: Habibi Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Jelang perayaan Hari Raya Idul Adha, yang jatuh pada Rabu, 22 Agustus mendatang, Pemerintah Kota Tanjungpinang telah mengumpulkan 24 ekor sapi kurban. Sapi ini nantinya akan didistribusikan ke masjid dan surau yang telah ditunjuk oleh masyarakat yang berkurban.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Tanjungpinang, Riwayat mengatakan, sebenarnya masjid dan surau di Tanjungpinang telah mengajukan permintaan hewan qurban. Hingga saat ini, kata dia, ada sebanyak 31 proposal yang masuk.

Namun, dia menegaskan bahwa Pemko Tanjungpinang tidak bisa berjanji dapat memberikan hewan qurban karena jatah hewan qurban berdasarkan permintaan dari yang berqurban.

"Jadi satu ekor sapi itu patungan dari 7 orang. Nah, mereka ini nanti yang mengusulkan ke mana sapi itu ingin disumbangkan," kata Riwayat, Jumat (17/8/2018).

Namun, dia juga mengakui bahwa ada juga yang menyerahkan sepenuhnya ke Pemko Tanjungpinang untuk menyalurkan sapi tersebut. Namun, jumlahnya tidak banyak, sehingga tidak bisa mengakomodir semua proposal yang ada.

Terkait hal ini, Sekda Tanjungpinang Riono mengatakan, sampai H-2 masih akan tetap menunggu tambahan hewan qurban. Pihaknya juga mengajak semua pihak, mulai dari perusahaan, perbankan hingga BUMN yang ada di Tanjungpinang.

"Kami juga mengajak BUMN untuk ikut serta. Kami ini bertindak sebagai fasilitator," kata Riono.

Fasilitator yang dimaksudkan Riono bahwasanya Pemko Tanjungpinang akan menjadi pihak yang menyalurkan hewan-hewan kurban yang telah terkumpul ke masjid atau surau yang ada. Jika tidak difasilitasi, Riono khawatir terjadi penumpukan hewan kurban di satu titik.

"Padahal misalnya masih ada surau atau masjid yang sama sekali belum ada hewan kurbannya," ungkap Riono.

Jumlah 24 sapi yang telah terkumpul ini, sambung Riono, kini sedang didata penyalurannya. Belum lagi, kata dia, ada beberapa ekor kambing yang telah diserahkan ke Pemko Tanjungpinang.

"Jadi nanti disalurkan sebelum hari H kepada masyarakat. Kalau waktu pemotongannya, terserah mereka. Ada yang Hari H, H+1 atau H+2, bebas saja," tuturnya.

Editor: Gokli