Sempena HUT RI ke-73

Wasdakim Kantor Imigrasi Belakangpadang Kejutkan TKA di Pulau Nipah dan Sambu
Oleh : Hadli
Jum\'at | 17-08-2018 | 17:04 WIB
wasdakim1.jpg
Dua TKA saat menerima hadiah kejutan dari Wasadakim Imigrasi Belakangpadang sampena HUT RI ke-73. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tenaga Kerja Asing (TKA) yang berada di perbatasan dengan negara Singapura dan Malaysia dikejutkan dengan kehadiran petugas dari Kantor Imigrasi Klas II Belakangpadang, Batam, Kepulauan Riau, Jumat (17/08/2018) siang.

Pengawasan dan penindakan yang dilaksanakan petugas Wasdakim Imigrasi Belakangpadang langsung melakukan patroli ke kapal-kapal tanker berukuran besar yang tengah lego jangkar di wilayah perairan pulau terluar, Pulau Nipah dan Pulau Sambu, Kecamatan Belakangpadang.

Petugas langsung meminta data-data TKA yang bekerja di atas kapal-kapal tanker tersebut. Namun suasana langsung mencair dibalik tagangnya TKA asing yang mendapat pemeriksaan oleh enam orang petugas Wasdakim Imigrasi Belakangpadang. Sebab, petugas memberikan bingkisan kepada TKA yang lahir di bulan Agustus.

"Bertepatan dengan HUT RI yang ke-73 tahun kita tetap melakukan tugas pengawasan dan penindakan kepada TKA sesuai dengan prosesur masuk serta penggunaan visa. Karena tertib administrasi kita juga memberikan apresiasi berupa bingkisan bagi mereka yang berulang tahun pada bulan Agustus," kata Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) Imigrasi Kelas 2 Belakangpadang, Washono, di Belakangpadang, Jumat siang.

Ia mengatakan patroli tetap dilakukan dihari kemerdekaan karena wilayah perairan Belakangpadang yang langsung berbatasan dengan negara Singapura dan Malaysia rentan terjadi pelanggaran administrasi. Untuk itu, kepada TKA yang mentaati aturan juga turut serta mendapat bingkisan, berupa Bendera Merah Putih, mini.

"Patroli dilakukan karena wilayah perairan berbatasan rawan terjadi penyalahgunaan keimigrasian. Tetapi pada saat kita patroli tadi, semua mantaati aturan. Untuk itu, tambanya pihaknya berinisiatif memberikan kebahagiyaan perayaan Kemerdekaan RI ini kepada WNA tersebut," jelasnya.

Beberapa pulau terluar seperti Pulau Nipah, Pemping, dan Pancung menjadi titik-titik yang disinggahi. Sebab, tambah Washono, wilayah-wilayah ini menjadi perhatian Imigrasi karena bersebrangan langsung dengan Singapura dan Malaysia.

TKA asal Thailand dan Pihilipin yang berada di atas kapal tanker berukuran besar menyambut baik kado ulang tahun yang diberikan petugas Kantor Imigrasi Klas II Belakangpadang.

"Surpres sekali. Tidak pernah kami bayangkan kejutan seperti ini. Selamat ulang tahun untuk Indonesia. Kami turut senang," kata Pouki, salah satu TKA asal Philipin itu.

Editor: Gokli