Pemko Batam Gelar Gladi Bersih Upacara HUT RI Ke-73
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 16-08-2018 | 14:04 WIB
gladi-bersih1.jpg
Gladi bersih HUT RI ke-73 Pemko Batam. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dua hari menjelang peringatan 17 Agutus, panitia upacara HUT Kemerdekaan RI ke-73 tingkat Kota Batam menggelar gladi bersih, Rabu (15/8/2018) kemarin.

Kegiatan gladi bersih diawali dengan penaikan bendera dan dilanjutkan gladi bersih penurunan bendera di Dataran Engku Putri, Batam centre.

Gladi bersih penaikan dan penurunan bendera dihadiri Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Wakil Wali Kota (Wawako) Batam Amsakar Achmad, Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto dan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam, Erizal Abdullah.

Pada pelaksanaan upacara HUT ke 73 Kemerdekaan RI, Walikota bertindak sebagai inspektur upacara. Sementara sebagai inspektur upacara pada saat penurunan bendera Wakil Wali Kota Batam.

Gladi bersih dihadiri lengkap oleh personil TNI/Polri yang terlibat dalam pelaksanaan upacara kemerdekaan. Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto pun membacakan teks Proklamasi saat itu. Sebagai pembaca doa, Kepala Kemenag Kota Batam, Erizal. Anggota tim pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) yang terdiri dari siswa dan anggota TNI/Polri pun turut serta gladi bersih.

Kepada wartawan Wali Kota mengatakan gladi ini merupakan latihan terakhir pelaksanaan upacara HUT RI. Diakuinya pada saat gladi bersih masih terdapat beberapa kekurangan namun ia berharap itu bisa diatasi sebelum hari dilaksanakannya upacara.

"Tadi ada sepatu yang lepas, apa karena kebesaran nanti tolong dicek. Lantai di bagian bawah belum bersih nanti dibersihkan. Yang tidak pas akan diselesaikan oleh perwira," katanya usai mengikuti kegiatan gladi bersih.

Senada dengan yang disampaikan Walikota, pada pelaksanaan gladi bersih penurunan bendera pun berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Walikota Batam berharap pada pelaksanaan upacara nanti semua berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan.

"Tahapan yang dilalui sudah cukup baik. Pengibaran bendera lancar, penyerahan bendera dari anggota Paskib ke inspektur upacara sudah baik. Tata letak sound sudah baik dan barisan tiap kompi pun rapi. Kita akan tingkatkan lagi karena berbeda antara gladi dan pelaksanaan nanti," pungkasnya.

Editor: Yudha