Bahaya, Jangan Bungkus Daging Kurban Pakai Kresek Hitam
Oleh : Redaksi
Rabu | 15-08-2018 | 18:04 WIB
daging-sapi3.jpg
Ilustrasi daging sapi. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Depok - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok melarang mengunakan kantong plastik kresek warna hitam untuk membungkus daging hewan kurban. Alasannya, kantong plastik tersebut adalah hasil daur ulang.

 

"Pelarangan pengguna plastik ini sudah diedarkan oleh Badan POM RI karena plastik tersebut hasil daur ulang. Sehingga disarankan tidak untuk membungkus makanan," ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Depok, Ernawati di Balai Kota Depok, Rabu (15/8/2018).

Ernawati menyebutkan, ada beberapa poin yang dikeluarkan Badan POM RI yakni peringatan kepada publik. Pertama, kantong plastik kresek berwarna terutama hitam kebanyakan merupakan produk daur ulang yang sering digunakan untuk mewadahi makanan. Kedua, dalam proses daur ulang tersebut riwayat penggunaan sebelumnya tidak diketahui, apakah bekas wadah pestisida, limbah rumah sakit, kotoran hewan atau manusia, limbah logam berat, dan lain-lain.

Dalam proses tersebut juga ditambahkan berbagai bahan kimia yang menambah dampak bahayanya bagi kesehatan. "Ketiga, jangan menggunakan kantong plastik kresek daur ulang tersebut untuk mewadahi langsung makanan siap santap," ucap dia.

Keempat bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi Unit Layanan Pengaduan Konsumen Badan POM RI dengan nomor telepon 021-4263333 dan 021-32199000 atau e-mail ulpk@pom.go.id dan ulpkbadanpom@yahoo.com atau melihat di website Badan POM, www.pom.go.id. "Kami harap para pantia pemotongam hewan kurban tidak mengunakan plastik hitam tersebut," tegas Ernawati.

Sumber: Republika
Editor: Dardani