Petugas KSOP Kijang Simpan Dokumen Tongkang yang Sandar di Dapur Arang Bintan
Oleh : Syajarul Rusdy
Rabu | 15-08-2018 | 17:41 WIB
tongkang-di-dapur-arang.jpg
Inilah tongkang yang sandar di pelabuhan Kampung Dapur Arang, Kelurahan Sei Enam, Kecamatan Bintan. (Foto: Syajarul Rusdy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Sempat Kucing kucingan, akhirnya petugas KSOP (Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan) Kijang Bintan berhasil menyimpan dokumen tongkang yang sandar di pelabuhan Kampung Dapur Arang, Kelurahan Sei Enam, Kecamatan Bintan, untuk dimintai kelengakapan izin sandar.

Kepala Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli KSOP Kijang, Zefli Agustian mengatakan, sebelum pihaknya mengambil dokumen tongkang, yang sandar di kawasan Kampung Dapur Arang itu. Pihaknya sudah terlebih dahalu mendapat laporan, adanya tongkang yang sandar dikawasan tersebut.

"Saat mereka tiba memang tidak ada pemberitahuan, ataupun mengurus surat izin sandar. Kita yang mendapat informasi itu langsung melakukan patroli pada Selasa (7/8/2018) kemarin," beber Zelfi saat ditemui di Kantor KSOP Kijang, Rabu (15/8/2018).

Saat sampai di Kampung Dapur Arang, kata Zelfi pihaknya tidak menemukan nahkoda tongkang tersebut. Yang berada ditempat hanya awak kapal. "Kepada mereka kita mintak dokumen tongkang itu, kita mereka mengurus izin sandar kapal," kata Zelfi.

Sejauh ini, Zefli masih mencari keberadaan nahkoda yang menggiring tongkang itu hingga sampai di Kampung Dapur Arang. Belakangan kapal dibawa agen pelayanan PT Pelita Aksara itu datang dari Tanjungpinag, pihaknya belum mengetahui tujuan tongkang itu sandar di kawasan tersebut.

"Kita belum tau ni apa tujuan mereka sandar di Dapur Arang. Karena sejauh ini kita masih mencari nahkoda dari tongkang itu," timpal Zefli.

Editor: Dardani