Peringati HKGB ke-66 Tahun

Bhayangkari Cabang Karimun Bagikan Akta Lahir Gratis
Oleh : Wandy
Rabu | 15-08-2018 | 16:04 WIB
akta-gratis-karimun1.jpg
Pembagian akte kelahiran kepada masyarakat Karimun. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Dalam rangka hari kesatuan gerak bhayangkari ke-66 tahun, Bhayangkari cabang Karimun bersama Disdukcapil Kabupaten Karimun membagikan akta kelahiran bagi masyarakat yang dilaksanakan di Kantor Camat Tebing, Rabu (15/8/2018).

Sebanyak 150 orang penerima akta kelahiran yang dibagikan, dan diserahkan secara simbolis kepada 10 orang perwakilan dari Kecamatan Tebing.

Ketua Bhayangkari Cabang Karimun Afin Hengky Pramudya mengatakan, penyerahan akta kepada masyarakat kurang mampu ini, dalam rangka memperingati Hari Gerak Kesatuan Bhayangkari ke-66 tahun.

"Tujuannya adalah agar anak-anak memiliki jati diri, memiliki posisi hukum dan kewarganegaraan yang sah untuk masa yang akan datang," kata Afin.

Menurut Afin, memiliki akta kelahiran bagi anak sangat penting. Untuk itu perlu kesadaran orang tua agar segera membuat akte kelahiran bagi anak, disamping itu guna untuk melindungi anak.

"Ini merupakan perintah dari Ketua Bhayangkari pusat. Dan ini setiap tahun dilaksanakan," kata dia.

Kapolres Karimun, AKBP Hengky Pramudya selaku pembina Bhayangkari Cabang Karimun mengatakan, bahwa kepada semua orang tua agar lebih sadar untuk mencatatkan anaknya sebagai warga negara Indonesia yang sah.

"Karena akte kelahiran ini merupakan syarat utama untuk mengurus hal-hal seperti masuk sekolah. Jadi untuk orang tua wajib mencatatkan pada akte kelahiran," kata Hengky.

Dalam kegiatan tersebut juga disejalankan dengan pemberian cendera mata kepada perwakilan Disduk Capil Kabupaten Karimun.

Editor: Yudha