Jaga Kualitas Produksi Air ke Pelanggan, ATB Lakukan Perawatan IPA Mukakuning
Oleh : Redaksi
Senin | 16-07-2018 | 19:04 WIB
ipa-mukakuning.jpg
IPA Mukakuning yang akan dilakukan perawatan oleh ATB. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Adhya Tirta Batam (ATB) sebagai pengelola air bersih di Batam, selalu berupaya memberikan pelayanan maksimal. Salah satu upaya menjaga pelayanan kepada pelanggan adalah dengan melakukan perawatan secara berkala pada Instalasi Pengolahan Air (IPA).

"Untuk dapat menjaga produksi air bersih dapat berjalan dengan baik, IPA Mukakuning akan dilakukan perawatan. Perawatan akan dilakukan di area clear well. Pelanggan yang mendapat suplai dari IPA Mukakuning akan berdampak sementara waktu," jelas Maria Y Jacobus, Head of Corporate Secretary ATB, Senin (16/7/2018).

Maria menambahkan, pekerjaan tersebut secara rutin dilakukan oleh tim Produksi ATB. Lima IPA yang dikelola ATB mulai dari IPA Duriangkang, IPA Mukakuning, IPA Sei Ladi, IPA Sei Harapan dan IPA Nongsa selalu mendapatkan perawatan dengan baik.

"Setiap enam bulan sekali kita rutin melakukan perawatan di seluruh IPA yang ada. Hal ini bertujuan agar kualitas produksi air kepada pelanggan bisa selalu terjaga," harap Maria.

Sesuai jadwal pekerjaan yang telah ditentukan, perawatan akan dilakukan pada hari Selasa tanggal 17 Juli ini. Yang akan dimulai pada pukul 08.00 s/d 16.00 WIB.

Normalnya pompa distribusi yang tersedia sebanyak empat unit akan dikurangi menjadi tiga unit pompa. Termasuk flow distribusi IPA Mukakuning dari jumlah normal 550 liter per detik menjadi 470 liter per detik.

"Selama pekerjaan berlangsung suplai air yang diproduksi akan berkurang sebanyak 15 persen, atau 80 liter per detik dari produksi normal. Kita berharap pekerjaan bisa selesai tepat waktu, agar suplai bisa mengalir kembali ke pelanggan," ujar Maria.

Pelanggan yang mendapatkan suplai air bersih dari IPA Mukakuning akan terdampak sementara waktu atau selama pengerjaan berlangsung. Suplai air akan mengecil dan menjadi tidak mengalir atau mati total, selama pengerjaan.

Beberapa wilayah lainnya yang terkena dampak suplai air tidak mengalir, yakni Taman Lestari Area, Rindang Vilage area MKPI, Mutiara Indah, Dapur 12, Abadi Jaya dan sekitarnya, Medio, Laguna, Buana Impian dan daerah sekitarnya.

"Pelanggan yang terdampak dari pekerjaan perawatan IPA Mukakuning mulai dari pelanggan yang berada di area Mukakuning dan sekitarnya, serta wilayah Dapur 12 dan daerah sekitarnya," kata Maria.

Suplai air kepada pelanggan akan sedikit terganggu saat awal pekerjaan. Air akan keruh sementara waktu, dikarenakan adanya pengurangan air di area clear well sampai batas aman secara hidrolis.

"Pada awal pekerjaan ada kemungkinan air akan sedikit keruh atau kotor di tempat pelanggan. Namun, kondisi tersebut tidak berlangsung lama. Air akan kembali normal," tutup Maria.

Diharapkan kepada pelanggan yang wilayahnya mendapat suplai air dari IPA Mukakuning, dapat mempersiapkan tampungan air sesuai keperluan selama suplai terganggu.

Apabila ingin mendapatkan informasi lebih lanjut seputar ATB dapat menghubungi call center pada line telepon 0778-467111, atau dapat juga melalui facebook ATB melalui fanpage ATB Batam.

Editor: Gokli