Pasca Lebaran, Jumlah Pendatang Baru ke Batam Diprediksi Menurun
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 25-06-2018 | 14:52 WIB
kadisduk-Said11.jpg
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Said Khaidar. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Seusai lebaran Idul Fitri biasanya pendatang baru yang masuk ke Batam selalu meningkat setiap tahunnya. Mereka berasal dari sejumlah daerah yang mencari pekerjaan di kota Bandar Dunia Madani.

Namun untuk tahun ini, peningkatan jumlah pendatang baru diprediksi tidak akan terjadi akibat minimnya lapangan kerja di Batam saat ini.

"Pendatang tahun lalu dengan tahun sekarang saya pikir beda. Paham-paham sendiri lah kondisi Batam sekarang," ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Said Khaidar, Senin (25/6/2018) saat ditemui di Kantor Pemko Batam.

Menurutnya, antusias masyarakat untuk datang ke Batam akan menurun, mengingat kondisi lapangan pekerjaan yang minim serta jumlah pengangguran yang terus bertambah.

Said menegaskan meski demikian, Batam tetap menjadi kouta tujuan para pencari kerja. Karena Batam merupakan kota industri, sehingga menjadi magnet bagi para pencari kerja.

"Memang Batam tetap menjadi kota tujuan, prinsipnya datang harus bawa surat lengkap. Belum diketahui berapa jumlah pendatag baru sampai sekarang, mungkin seminggu ke depan baru kita punya data valid," ujarnya.

Said mengingatkan warga pendatang yang ingin mengadu nasib di Batam harus mengikuti prosedur, dengan membawa surat pindah dari kota asal. Proses pindah datang dengan jarak waktu 1 bulan setelah dikeluarkanya surat pindah dari kota asal.

"Jangan terlambat. Syaratnya dan kuncinya harus membawa surat pindah. Begitu juga saya keluar Batam harus membawa surat pidah," pungkasnya.

Editor: Yudha