Politeknik Batam Juara RoboCup Committee 2018 Canada
Oleh : Nando Sirait
Senin | 25-06-2018 | 12:41 WIB
polibatam1.jpg
Tim robot Polibatam Barelang FC juara III RoboCup Comittee di Montreal Canada. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tim robot Politeknik Negeri Batam (Polibatam) Barelang FC berhasil meraih juara 3 dalam lomba robot tingkat internasional (RoboCup 2018) yang diselenggarakan oleh RoboCup Committee pada tanggal 16 - 22 Juni 2018 di Montreal Canada.

Kemenangan dalam divisi Robot Humanoid sepak bola, dimana tim Barelang FC mewakili Indonesia setelah menjadi juara 1 tingkat Nasional di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. Prestasi yang diraih merupakan capaian perdana bagi Indonesia sejak mengikuti event bergengsi tingkat internasional sejak 18 tahun lalu.

Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Polibatam, Muslim Ansori menjelaskan capaian prestasi dari mahasiswa Polibatam ini merupakan hadiah luar biasa atas ketabahan dan ketangguhan Tim Barelang FC sehingga sukses meraih kemenangan dalam kompetensi robot bergengsi tingkat Internasional.

"Tapi ada cerita yang menarik sebelum kami bisa berangkat kemarin, dimana kami nyaris gagal berangkat karena masalah teknis. Kami juga terpaksa menginap di ruang tunggu Bandara Kuala Lumpur selama dua hari," ujarnya, Senin (25/6/2018).

Tim robot Polibatam yang menjadi delegasi Indonesia yang terdiri dari 6 orang mahasiswa, 2 orang dosen pembimbing, 1 orang manajemen Polibatam dan 1 orang perwakilan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Prestasi yang telah diraih ini meningkat satu level dari tahun 2017 di Nagoya Jepang dalam kompetisi serupa.

Kelima robot Barelang FC yang diterjunkan dalam kompetisi ini merupakan hasil riset dan karya dari Hanjaya, Gobar, Akbar, Andre, Febri, dan Joni dengan bimbingan Eko Rudiawan, Hendawan, Susanto dosen Jurusan Elektro Polibatam. Proses riset dan pengembangan robot-robot tersebut 100% dilakukan pada laboratorium Robotika Polibatam.

Pada tahap penyisihan Tim Barelang FC berada pada Group D. Pertandingan pertama berhadapan dengan China Tim Pertama dengan Skor 2-1 untuk Barelang FC. Pertandingan kedua Barelang Fc kembali menang melawan Mexico dengan skor 4-0.

Pada pertandingan ketiga melawan Inggris dengan skor 1-1. Serangkaian kemenangan tersebut telah membawa Barelang FC sebagai juara grup D dan masuk menjadi tim 16 besar. Pada babak ini tim besutan Polibatam mendapatkan keuntungan pertandingan Bye (tanpa lawan).

Selanjutnya pada babak perempat final bertanding melawan Brazil dengan kemenangan di pihak Barelang FC 4-0. Pada babak semi final tim ini bertemu Perancis. Polibatam terpaksa harus mengakui keunggulan dari tim pemenang pada tahun 2017 tersebut.

Kekalahan tersebut masih menyisakan peluang bagi Tim Robot wakil Indonesia ini untuk mengukir prestasi, memperebutkan juara ketiga melawan China Tim Kedua. Setelah melalui perpanjangan waktu dan adu pinalti, Tim Barelang FC akhirnya berhasil menaklukkan Tim Negara Tirai Bambu denganskor 4-3 untuk Indonesia.

Editor: Yudha